Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2015, 09:00 WIB
Dian Maharani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir semua anak-anak saat ini sepertinya sudah menggunakan gadget. Selain untuk sarana komunikasi telepon, bermain game, hingga mengakses media sosial. Nah, mengakses media sosial seperti Facebook dan Twitter kerap membuat anak-anak menjadi lupa waktu.

Lebih dari itu, menurut sebuah penelitian, anak-anak yang sering menggunakan media sosial dalam waktu lama, lebih berisiko dua kali lipat mengalami masalah pada kesehatan mental.

Berdasarkan data sekitar tahun 2012-2013, sebesar 56 persen anak-anak bisa menghabiskan waktu menggunakan media sosial selama 3 jam atau lebih. Sekitar 8 persen dari anak-anak tersebut, mengakses media sosial pada hari sekolah.

Menurut peneliti, lebih banyak anak perempuan yang kecanduan media sosial dibanding anak laki-laki. Jumlahnya sebesar 11 persen atau sekitar satu dari 10 anak perempuan yang menghabiskan waktu mengakses media sosial lebih dari tiga jam.

Data National Statistics menemukan, sejumlah anak-anak yang menghabiskan banyak waktu dengan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest mengalami masalah emosional, hiperaktif, dan perilaku buruk.

Peneliti mengungkapkan, media sosial bisa menyebabkan anak terkena cyber bullying. Cyber bullying bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental anak seperti stres dan depresi. Anak-anak memang bisa berkomunikasi dengan banyak orang di media sosial.

Namun, interaksi sosial secara langsung lebih penting. Penelitian lain juga menunjukkan perilaku menonton televisi atau menonton video terlalu lama juga meningkatkan risiko depresi, gangguan cemas, dan tekanan emosional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com