Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2016, 16:11 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Pendapat yang menyatakan bahwa punya pasangan bisa membuat seseorang bertambah gemuk, ternyata benar adanya.

Para ahli percaya, fenomena ini tidak dapat dikaitkan dengan salah satu alasan tertentu, melainkan merupakan akumulasi dari perilaku dan pola pikir yang dimiliki oleh setiap pasangan yang akhirnya berujung pada “relationship weight gain”, atau penambahan berat badan saat seseorang terlibat dalam hubungan asmara.

Sederhananya, Anda lebih mungkin untuk menikmati makan malam atau makan siang saat menyantapnya dengan orang yang Anda cintai.

Dilanjutkan dengan menyantap seporsi hidangan penutup sambil berbincang tentang aktivitas di sepanjang hari atau berbagi rahasia intim. Ini menjadi salah satu alasan yang bisa menyumbangkan penambahan pada berat badan Anda.

Dengan kata lain: relationship weight gain nyata bagi banyak orang. Penambahan berat badan yang diperoleh bisa bervariasi dari individu ke individu, tetapi studi menunjukkan, wanita cenderung mengalami kenaikan berat badan ketika memutuskan untuk menikah atau tinggal bersama dengan pasangannya.

Studi juga menemukan, pasangan yang bahagia setelah menikah cenderung lebih mudah gemuk. Peneliti menilai, hal ini terjadi karena banyak orang yang menghubungkan berat badan dengan penampilan. Sehingga saat orang tersebut menikah, maka penampilan menjadi sesuatu yang kurang penting.

Mereka makan apa yang dianggap sehat, tak peduli membuat gemuk atau tidak, kata Andrea Meltzer, asisten profesor psikologi di Florida State University dan peneliti utama pada studi.

"Namun, bila pasangan lebih fokus pada manfaat kesehatan yang berhubungan dengan pemeliharaan berat badan, maka mereka sangat mungkin untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak sehat," lanjut Meltzer kepada The Huffington Post.

Meltzer Mengungkapkan, walau relationship weight gain adalah nyata, masih ada cara sederhana untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba untuk memasak di rumah sesering mungkin, yang dapat menghemat sekitar 250 kalori, ketimbang sebuah hidangan restoran.

Anda juga dapat mengajak pasangan Anda untuk berolahraga bersama. Sebab, sebuah penelitian mendapati, ketika Anda berolahraga dengan orang lain, Anda menjadi lebih produktif dan mengeluarkan lebih banyak keringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com