Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Sehat, Orang Gemuk Cukup Turunkan 5 Persen Berat Badan

Kompas.com - 23/02/2016, 14:30 WIB
KOMPAS.com - Menurunkan berat badan mungkin terasa berat bagi mereka yang kegemukan. Padahal, berat badan yang ideal akan menjauhkan kita dari penyakit kronis.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ternyata orang gemuk hanya perlu menurunkan sekitar 5 persen dari bobot tubuhnya.

"Jika berat badan Anda 90 kilogram, tentu tak akan terlalu berat untuk menurunkan sekitar 4,5 kilogram dan terus dipertahankan," kata Tracy Parker, ahli gizi jantung dari Yayasan Jantung Inggris.

Ia mengatakan, orang dengan bobot 90 kilogram tidak perlu menurunkan sampai 23 kilogram agar sehat. Sedikit tetapi bertahap dan dijaga akan lebih berpengaruh.

Para peneliti mengamati perbedaan manfaat pada orang obesitas yang menurunkan berat badannya 5, 10, dan 15 persen dari bobot semula.

Ternyata, orang yang berhasil memangkas paling kecil, yakni 5 persen, memiliki hasil yang signifikan dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dalam penelitian itu, orang yang menurunkan sekitar 5 persen berat badannya menunjukkan perbaikan tekanan darah, kadar trigliserida dalam darah, lebih sedikit lemak di livernya, dan gula darah lebih rendah.

Sementara itu, pada kelompok yang turun 10-15 persen mendapatkan perbaikan lebih pada jaringan otot, tapi tidak pada fungsi liver dan lemak.

Oleh karenanya, untuk orang obesitas penurunan berat badan yang disarankan adalah sekitar 5-10 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com