Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diabetes Bisa Sebabkan Munculnya Berbagai Penyakit

Kompas.com - 21/04/2016, 09:03 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan anggap sepele penyakit diabetes. Tingginya gula darah pada pasien diabetes bisa merusak sistem pembuluh darah besar maupun kecil di seluruh tubuh, mulai dari ujung kepala hingga kaki.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, rusaknya pembuluh darah menyebabkan komplikasi penyakit lain. Hal itulah yamg menyebabkan diabetes disebut sebagai ibu dari berbagai penyakit.

"Awalnya diabet bisa berlanjut ke penyakit lainnya. Efeknya pada gangguan organ lain. Kalau kena di otak, jadi stroke, kalau di jantung jadi penyakit jantung, kemudian bisa kena di ginjal," ujar Koesmedi di sela acara "Jakarta Lawan Diabetes" di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2016).

Ketika terjadi komplikasi, biaya pengobatan diabetes dan penyakit lainnya pun menjadi tinggi. Jika sudah terkena diabetes, sangat penting menjaga kadar gula darah tetap stabil untuk mencegah komplikasi.

Sayangnya, pasien diabetes terkadang tidak menyadari terkena diabetes sebelum terjadi komplikasi.

Untuk itu, menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Lily S Sulistyowati, deteksi dini diabetes sangat penting. "Harus disiplin agar kadar gula darah stabil dan mencegah komplikasi," kata Lily.

Selain itu yang penting, cegah munculnya penyakit diabetes dengan menjaga pola hidup sehat dengan makan bergizi seimbang, rutin olahraga, dan tidak merokok.

Di Jakarta, diabetes menempati urutan kelima penyakit yang banyak diderita warga Jakarta. Indonesia pun menempati peringkat ke-7 sebagai pasien diabetes terbanyak di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com