Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2016, 11:08 WIB

KOMPAS.com - Hampir 80 persen dari apa yang dipelajari di 12 tahun pertama kehidupan anak berdasarkan pada mata. Oleh karenanya, kesehatan indera penglihatan ini sangat penting.

Para ahli kesehatan menyebutkan, melakukan pemeriksaan mata seharusnya dilakukan orangtua menjelang tahun ajaran baru sekolah.

"Kacamata seringkali menjadi perlengkapan sekolah yang paling dibutuhkan anak," kata Eileen Gable, dokter mata.

Gangguan penglihatan memang menjadi salah satu dari empat kecacatan pada anak. Tapi, seringkali gangguan ini tak terdeteksi.

"Penglihatan memang kompleks dan agar sulit dikenali. Anak dengan penglihatan yang normal hanya pada satu matanya pun masih bisa melihat dengan baik, walau kenyataannya tidak," kata Gable.

Buruknya penglihatan pada kedua mata akan menyebabkan kedalaman penglihatan yang buruk, dan jika tidak diatasi bisa membatasi pilihan masa depan anak.

Orangtua bisa mengenali tanda-tanda anak membutuhkan bantuan kacamata:

- Anak tidak bisa melihat jelas, antara lain anak tampak menyipitkan mata, atau memiringkan kepala untuk melihat sesuatu, atau melihat dengan satu mata tertutup, atau mengubah posisi tubuh untuk melihat.

- Anak tak berminat melakukan kegiatan, biasanya ini terjadi karena penglihatannya tidak jelas.

- Perubahan perilaku di sekolah atau nilai akademik. Orangtua bisa berkomunikasi dengan guru untuk mengetahui apakah hal itu terkait dengan penglihatan anak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com