Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2016, 13:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tumbuh gigi pda bayi biasanya dimulai pada usia 5-6 bulan. Tetapi, ada juga yang baru tumbuh gigi atau gigi susunya terlambat. Meski belum tumbuh gigi, apakah gusi bayi perlu dibersihkan?

Menurut dokter gigi Meil Yusra, gusi bayi sebaiknya tetap dibersihkan, walau sebenarnya bakteri di dalam mulut tidak membahayakan sebelum munculnya gigi susu.

Namun, saat gigi susu mulai tumbuh sering kali orangtua tidak menyadarinya. Gusi dibersihkan untuk menyingkirkan sisa makanan di mulut karrna bayi mulai mendapat makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan.

Nah, untuk membersihkannya, tidak perlu memakai pasta gigi. "Kalau gigi belum tumbuh, bisa bersihkan gusinya pakai kasa yang bersih," kata Meil.

Selain kasa, bisa juga pakai kain yang steril. Ibu atau ayah cukup membungkus kasa maupun kain di jari telunjukknya. Setelah itu, gosokkan jari telunjuk berbalut kasa atau kain ke gusi bayi untuk mengangkut sisa makanan.

Membersihkan rongga mulut, termasuk gusi ini bisa melatih kebiasaan membersihkan gigi bayi saat sudah tumbuh nanti.

Apabila gigi sudah tumbuh, diperlukan sikat gigi khusus bayi. Pasta gigi juga sudah boleh digunakan dalam kadar yang sangat kecil atau sekitar sebesar satu butir beras.

Meil mengatakan, gigi susu sangat rentan mengalami karies atau berlubang. Jadi, gigi susu pun haruslah dirawat untuk mencegah kerusakan meski nantinya gigi tersebut akan berganti gigi permanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com