Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Berat Badan Pengaruhi Kadar Kolesterol?

Kompas.com - 20/01/2021, 20:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com – Banyak orang menginginkan berat badan ideal untuk menunjang penampilan. Tapi, tahukah anda, berat badan yang terjaga juga membantu Anda menjaga kesehatan.

Berat badan yang seimbang dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal dan melindungi jantung. Selain itu, berat badan ideal menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan tekanan darah Anda.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Minum Susu Sapi Bisa Tingkatkan Kolesterol?

Pada banyak kasus, kolesterol dihubungkan dengan obesitas.

Dalam aktivitas sehari-hari, obesitas dikaitkan dengan kolesterol karena persamaan gaya hidup penderitanya.

Kebanyakan kasus kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup makan makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Ditambah juga dengan gaya hidup jarang berolahraga.

Dua pilihan gaya hidup itu juga kerap memicu terjadinya obesitas. Oleh sebab itu, obesitas sering dianggap menyumbang peran bagi risiko kadar kolesterol tinggi.

Kabar buruknya, kolesterol tinggi tidak memiliki gejala khusus. Jadi, bisa saja Anda mengalami obesitas, merasa sehat, tapi memiliki kadar kolesterol tinggi.

Walaupun obesitas memiliki kaitan dengan kolesterol tinggi, bukan berarti orang dengan berat badan kurus memiliki kadar kolesterol rendah.

Orang kelebihan berat badan memang lebih cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, tetapi orang kurus juga bisa memiliki kadar kolesterol tinggi.

Cara terbaik mengetahui bagaimana korelasi berat badan Anda dengan kadar kolesterol adalah berkonsultasi dengan dokter.

Apabila dokter menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan, maka sebaiknya Anda mengikutinya. Sebab, sedikit saja penurunan berat badan akan memberikan perbedaan besar bagi kesehatan Anda.

Kehilangan 5-10 persen dari berat badan Anda akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, tekanan darah, risiko diabetes, risiko jantung, dan juga kanker.

Baca juga: Benarkah Makanan Tertentu Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi?

Menjaga berat badan tetap ideal adalah kunci menjaga kolesterol.

Apabila Anda mengalami obesitas, berarti Anda perlu menurunkan berat badan. Sebaliknya, apabila berat badan Anda di bawah rata-rata, Anda perlu menaikkan berat badan Anda.

Berada di berat badan ideal berarti membantu tubuh Anda kembali peka terhadap insulin sekaligus mengurangi peradangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com