Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2022, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - International Self-care Day (ISD) atau yang juga dikenal sebagai Hari Merawat Diri Sedunia diperingati pada tanggal 24 Juli setiap tahunnya.

ISD sendiri sudah mulai diperingati pada tahun 2011 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran individu dan komunitas terhadap pentingnya merawat diri.

Lalu, apa yang dimaksud dengan self-care atau merawat diri? Ketahui maksud dan pentingnya self-care agar kesehatan jiwa dan raga tetap terjaga.

Baca juga: 3 Pola Hidup Sehat untuk Jaga Kesehatan Mental

Self-care untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental

Menurut WHO, self-care mengacu pada individual, keluarga, dan komunitas yang senantiasa menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dan berdamai dengan penyakit dan keterbatasan, dengan atau tanpa dukungan dari tenaga kesehatan.

Pengertian self-care sendiri sering disalahartikan dengan pengertian dari self-improvement yang merupakan pandangan untuk selalu memperbaiki diri.

Melansir pendapat Gracy Obuchowicz, seorang ahli perawatan diri, berpendapat bahwa self-improvement adalah usaha untuk memperbaiki kekurangan diri.

Kemudian jika kekurangan tersebut sudah bisa dikoreksi atau diterima, maka seseorang dikatakan layak untuk melakukan self-care.

Tidak hanya itu saja, banyak individu yang terkadang menyalahartikan self-care dengan kesenangan sesaat.

Banyak kegiatan yang dilakukan dengan dalih melakukan self-care padahal kegiatan tersebut adalah kegiatan yang membuat senang atau tenang sesaat.

Menurut Dr. Wayne Jones seperti yang dikutip oleh Healthline, mengatakan bahwa self-care dari segi kesehatan melibatkan diet sehat, tidur, olahraga, dan menjaga keseimbangan untuk hidup dan bekerja.

Baca juga: Sehat Secara Fisik Tidak Cukup, Kenali Apa Itu Kesehatan Mental

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com