Kompas.com - 24/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Cacar monyet atau monkeypox menjadi penyakit yang perlu diwaspadai pada pertengahan 2022 ini. Namun, tahukah Anda apa saja tanda-tanda yang menunjukan seseorang tertular cacar monyet?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit cacar monyet sudah menyebar luas ke lebih dari 70 negara.

Pada Sabtu (23/7/2022), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan sudah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Baca juga: 10 Cara Mencegah Penularan Cacar Monyet yang Perlu Diterapkan

Penetapan status darurat kesehatan global oleh WHO untuk menunjukkan bahwa wabah cacar monyet membutuhkan respons internasional untuk membuka pendanaan.

Hal ini demi mengupayakan perawatan serta berbagi vaksin cacar monyet.

Pengertian cacar monyet

Cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox.

Seperti pada pemberitaan Kompas.com pada 23 Mei 2022, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, SpKK(K), FINSDV, FAADV, menyatakan bahwa virus cacar monyet bersifat zoonosis yang artinya dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

"Monkeypox sebenarnya merupakan infeksi zoonosis yang disebabkan oleh Pox Virus. Menurut klasifikasi virus ini termasuk dalam famili kelompok virus Poxviridae, menyebab cacar Smallpox," ujar dr. Prasetyadi.

Staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret ini juga menjelaskan bahwa cacar monyet umumnya dijumpai di benua Afrika. Namun, mobilitas tinggi seiring dengan kemajuan tehnologi menyebabkan virus tersebut meluas.

Tanda-tanda cacar monyet

Penyakit cacar monyet memiliki tandat atau gejala mirip cacar air, meliputi:

Halaman:
Sumber WebMD,WHO

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.