Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 13:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit bronkitis bisa menyebabkan penderita merasakan gejala batuk terus-menerus, mengi, sakit dada, sampai badan terasa lemas.

Mengingat gejalanya disertai batuk, banyak orang khawatir apakah penyakit bronkitis menular?

Perlu diketahui, batuk bronkitis adalah penyakit yang terjadi ketika lapisan udara di paru-paru teriritasi dan mengalami peradangan.

Baca juga: Kenali Apa itu Batuk Bronkitis, Jenis, dan Gejalanya

Dikutip dari WebMD, ada dua jenis bronkitis. Yakni bronkitis kronis atau berkepanjangan sampai lebih dari tiga bulan, serta bronkitis akut yang muncul mendadak dan berlangsung selama seminggu sampai tiga minggu.

Simak penjelasan berikut untuk mengenal lebih jauh gangguan kesehatan yang kerap menyerang para perokok ini.

Apakah penyakit bronkitis menular?

Penyakit bronkitis menular atau tidak sangat tergantung penyebab dan jenis masalah kesehatan ini.

Dilansir dari Healthline, penyakit bronkitis disebabkan oleh infeksi virus seperti flu, salesma, dan infeksi saluran pernapasan atas biasanya menular.

Sedangkan bronkitis akut karena infeksi bakteri Bordetella pertusis, streptokokus, dan Pneumonia mikoplasma juga menular.

Namun, Jenis bronkitis akut ini relatif jarang dibandingkan bronkitis akut karena infeksi virus.
Sementara itu, penyakit bronkitis kronis disebabkan oleh kebiasaan merokok, paparan polusi, asap, atau cairan berbahaya selama bertahun-tahun umumnya tidak menular.

Memang, penderita bronkitis kronis bakal mengalami gejala batuk tak kunjung sembuh. Tapi, asalkan tidak disebabkan infeksi virus atau bakteri, penyakit ini umumnya tidak menular.

Baca juga: 5 Penyebab Penyakit Bronkitis, Bisa dari Infeksi Kuman sampai Rokok

Bagaimana penyakit bronkitis menular?

Bronkitis akut karena infeksi virus atau bakteri bisa menular lewat cairan dari saluran pernapasan atau droplet mengandung kuman biang penyakit.

Droplet ini bisa menyebar dari penderita ke orang sekitarnya ketika penderita batuk, bersin, atau bicara kencang.

Seseorang juga bisa tertular bronkitis akut saat berjabat tangan atau kontak dekat dengan penderita yang terinfeksi penyakit ini.

Orang dengan daya tahan tubuh lemah seperti penderita penyakit kronis, kalangan lansia, dan anak kecil lebih rentan tertular bronkitis akut, terutama yang disebabkan infeksi bakteri.

Jenis bronkitis akut ini biasanya menular dalam waktu seminggu sampai 10 hari, saat kuman penyebab penyakit masih berbiak dan menginfeksi tubuh.

Setelah menyimak penjelasan apakah penyakit bronkitis menular atau tidak di atas, Anda bisa melakukan langkah pencegahan agar tidak tertular penyakit ini. Caranya, pakai masker saat berada di tempat berisiko, sering cuci tangan, dan hati-hati kontak dengan penderita batuk.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Sering Batuk di Malam Hari, Tak Selalu Penyakit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com