Kompas.com - 11/08/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak kemungkinan penyebab penyakit bronkitis, mulai dari infeksi kuman sampai paparan zat berbahaya seperti rokok dan vape.

Untuk diketahui, penyakit bronkitis adalah infeksi saluran udara utama paru-paru (bronkus) yang membuat organ pernapasan ini meradang.

Ketika terjadi infeksi di saluran udara, produksi lendir di saluran napas bakal meningkat signifikan. Akibatnya, penderita bakal mengalami batuk-batuk gejala bronkitis.

Untuk mengenal lebih dekat penyakit yang biasanya menyerang kalangan perokok ini, simak berbagai penyebab penyakit bronkitis berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Batuk Bronkitis, Jenis, dan Gejalanya

Penyebab penyakit bronkitis

Ada beberapa faktor penyebab penyakit bronkitis yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Infeksi virus dan bakteri

Dilansir dari NHS, banyak kasus penyakit bronkitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Jenis kuman penyebab masalah kesehatan ini paling sering virus biang flu, salesma, atau infeksi saluran pernapasan atas. Jenis bronkitis ini biasanya menular.

  • Paparan zat yang mengiritasi paru-paru

Dilansir dari MedicalNewsToday, beberapa zat seperti asap rokok, bahan kimia dalam rokok, vape, asap, debu, dan polusi udara bisa mengiritasi paru-paru dan memicu bronkitis.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Sering Batuk di Malam Hari, Tak Selalu Penyakit

  • Terpapar bahan kimia yang merusak paru

Paparan zat kimia di tempat kerja atau dari pencemaran lingkungan dalam jangka panjang; seperti serat kain tekstil, amonia, cairan atau gas asam yang kuat, pestisida, sampai klorin bisa menyebabkan penyakit bronkitis kronis.

  • Penyakit asam lambung kronis

Dilansir dari MayoClinic, penyakit asam lambung kronis dapat membuat cairan asam dari lambung naik dan mengiritasi tenggorokan. Iritasi asam lambung ini bisa menyebabkan batuk bronkitis.

  • Faktor genetik

Dikutip dari VerywellHealth, faktor genetik meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit bronkitis. Jenis bronkitis ini biasanya dialami anak-anak. Anak yang memiliki faktor genetika tertentu saluran napasnya sensitif dengan paparan asap rokok, vape, polusi, dll. Sehingga, mudah terkena bronkitis.

Baca juga: 10 Gejala Infeksi Paru, Tak Hanya Batuk dan Sesak Napas

Cara mencegah penyakit bronkitis

Penyakit bronkitis bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti:

  • Setop merokok dan sebisa mungkin hindari paparan asap rokok, termasuk vape
  • Dapatkan vaksin flu, pneumonia, Covid-19, dan vaksin lain yang dapat melindungi Anda dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan
  • Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Atau, gunakan hand sanitizer jika sulit mengakses air bersih. Bersihkan tangan terutama sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, dan setelah dari sehabis dari kamar mandi
  • Gunakan masker saat beraktivitas ke luar rumah. Terutama jika berada di kerumunan, tempat tertutup, tempat berdebu, berasap, atau tingkat polusi tinggi

Setelah mengetahui beberapa penyebab penyakit bronkitis di atas, jangan lupa untuk menjalankan langkah-langkah pencegahannya. Dengan begitu, Anda selangkah lebih terlindungi dari penyakit ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.