Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengobati Batuk Tak Kunjung Sembuh, Sesuaikan Akar Penyebabnya

Kompas.com - 12/08/2022, 16:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Batuk tak kunjung sembuh sampai beberapa minggu atau bulan adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat menjengkelkan.

Terutama jika sering batuk muncul di malam hari atau menjelang tidur. Praktis waktu istirahat jadi turut terganggu dan penderita kelelahan di siang hari.

Perlu diketahui, gangguan kesehatan ini tak kunjung berakhir bisa jadi karena akar penyebab batuk tak kunjung sembuh belum diatasi. Jadi, gejala penyakit hanya hilang sebentar, lalu tak lama kemudian kambuh kembali.

Untuk itu, cara mengobati batuk tak kunjung sembuh perlu disesuaikan akar penyebab mendasarnya. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 8 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh, Bisa Infeksi sampai Asam Lambung

Cara mengobati batuk tak kunjung sembuh

Ada beberapa cara mengobati batuk tak kunjung sembuh secara alami, obat, maupun dengan terapi. Dilansir dari beberapa sumber, berikut di antaranya:

  • Banyak minum

Upayakan untuk minum banyak air, setidaknya delapan gelas per hari. Cairan dapat membantu mengencerkan dahak dan menenangkan tenggorokan. Coba minum banyak air putih, jus tanpa gula, kuah yang mengandung kaldu, atau minuman hangat seperti wedang jahe.

  • Kumur dengan larutan garam

Untuk menghilangkan dahak di tenggorokan yang bisa memicu batuk, coba kumur dengan larutan garam. Caranya cukup mudah. Siapkan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam. Aduk sampai rata lalu gunakan untuk berkumur.

  • Gunakan masker

Saat berada di luar rumah atau berada di lingkungan yang banyak debu, asap, dan polutan, sebisa mungkin gunakan masker. Beberapa zat di atas bisa memicu batuk bagi sebagian orang.

Baca juga: Kenali Apa itu Batuk Bronkitis, Jenis, dan Gejalanya

  • Pakai bantal yang tinggi saat tidur

Saat tidur atau rebahan, gunakan bantal yang lebih tinggi untuk mencegah sering batuk di malam hari. Agar tidak sakit leher, gunakan bantal tinggi untuk menopang kepala dan sebagian tubuh bagian atas.

  • Isap permen pelega tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang mengandung menthol juga dapat membantu meredakan batuk kering dan tenggorokan yang teriritasi.

  • Konsumsi madu

Madu juga bisa jadi obat batuk alami. Saat batuk kambuh, coba konsumsi satu sendok teh madu. Atau campurkan madu dengan minuman hangat seperti wedang jahe atau teh herbal tanpa kafein. Tapi ingat, jangan berikan madu pada bayi di atas 1 tahun karena bisa menyebabkan keracunan.

  • Setop merokok dan hindari paparan asap rokok

Merokok dan menghirup asap rokok sama-sama bisa mengiritasi paru-paru dan memicu batuk. Jika Anda susah berhenti merokok, coba minta bantuan tenaga kesehatan di rumah sakit atau puskesmas untuk membantu terapi berhenti merokok. Selain itu, hindari juga paparan asap rokok.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Sering Batuk di Malam Hari, Tak Selalu Penyakit

  • Minum obat batuk

Minum obat batuk yang dijual bebas di toko obat atau apotek dapat mengurangi gejala penyakit dengan menekan refleks batuk. Tapi, obat ini tidak bisa menyembuhkan akar penyakit, jadi masih ada kemungkinan batuk kambuh saat efek obat hilang. Hati-hati memberikan obat batuk untuk anak di bawah 2 tahun.

Ada banyak penyebab batuk berkepanjangan. Jadi, penting untuk mengetahui akar penyebabnya agar pengobatan tepat dan penyakit bisa sembuh sampai tuntas. Obat yang diberikan bisa beragam seperti antihistamin, kortikosteroid, dekongestan, antibiotik, antivirus, antijamur, sampai obat asam lambung.

  • Terapi perilaku untuk menekan refleks batuk

Untuk batuk kronis yang tidak diketahui pasti penyebabnya, dokter terkadang menyarankan penderita menjalani terapi perilaku untuk menekan refleks batuk. Terapi ini melatih kesadaran penderita untuk mengontrol batuk. Terkadang, terapi ini dikombinasikan dengan terapi obat dan akupunktur.

Jika Anda merasakan gangguan kesehatan ini, coba diskusikan dengan dokter cara mengobati batuk tak kunjung sembuh yang paling tepat sesuai kondisi tubuh Anda. Dengan begitu, batuk bisa sembuh sampai tuntas dan kualitas hidup lebih meningkat.

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com