Kompas.com - 12/08/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Poly-cystic ovary syndrome atau dikenal dengan PCOS adalah gangguan kesehatan yang rawan menyerang wanita usia subur.

Dilansir dari Women’sHealth, sebanyak satu dari sepuluh wanita mengalami penyakit yang dikenal dengan sindrom ovarium poli-kistik ini.

Penyebab PCOS berasal dari hormon tidak seimbang. Kondisi ini menyebabkan kista kecil-kecil tumbuh di ovarium atau indung telur.

Untuk mengenal lebih dekat penyakit yang rentan menyerang wanita ini, kenali ciri-ciri PCOS berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu PCOS dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri PCOS pada wanita

Dilansir dari Self, ada beberap gejala PCOS yang perlu diwaspadai para wanita, antara lain:

  • Siklus haid tidak teratur

Siklus haid yang tidak beraturan, sering telat haid, haid beberapa kali sebulan, atau absen haid selama sebulan bisa jadi salah satu tanda-tanda PCOS. Perlu diketahui, siklus haid bisa jadi petunjuk awal kondisi metabolisme tubuh. Jika kondisinya sehat, haid cenderung teratur.

  • Rambut tumbuh di beberapa bagian tubuh yang tidak biasa

PCOS menyebaban indung telur memproduksi hormon androgen berlebihan. Hal ini bisa merangsang pertumbuhan rambut, terutama di tempat yang tidak biasa. Seperti di sekitar puting payudara, dagu, dada, paha bagian dalam, atau perut.

  • Jerawat tak kunjung sembuh

Tingkat hormon androgen yang tinggi juga bisa jadi penyebab jerawat tak kunjung sembut. Meningkatkan kadar hormon ini bisa membuat produksi sebum dan minyak alami meningkat. Kondisi ini apabila dibarengi dengan penumpukan sel kulit mati di pori-pori bisa memicu tumbuhnya jerawat.

Baca juga: 4 Cara Mencegah PCOS, Wanita Perlu Tahu

  • Bagian belakang leher menghitam

Ciri-ciri PCOS pada wanita lainnya yakni beberapa bagian tubuh terlihat lebih gelap dibandingkan biasanya. Kondisi yang dikenal dengan pigmentasi ini bisa muncul di leher bagian belakang, di bawah lengan, atau bibir vagina.

  • Perut buncit tanpa sebab jelas

Perut buncit tanpa sebab jelas atau kenaikan berat badan tiba-tiba padahal Anda tidak mengubah pola makan yang biasanya juga bisa jadi gejala PCOS. Kondisi ini dipengaruhi gangguan metabolisme gula darah akibat PCOS.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.