Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dan Efek Samping Mengaplikasikan Lemon pada Wajah

Kompas.com - 30/08/2022, 13:33 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan dikenal sebagai buah yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Salah satu manfaat yang bisa diambil dari lemon adalah untuk kesehatan kulit dan sekarang ini banyak yang mengaplikasikannya langsung sebagai salah satu bentuk perawatan wajah.

Namun sayangnya, ternyata manfaat yang diberikan tidak sebanyak efek samping yang didapatkan dari mengaplikasikan lemon langsung pada wajah.

Baca juga: Serba-serbi Vitamin C untuk Kesehatan Kulit


Manfaat mengaplikasikan lemon pada wajah

Melansir Medical News Today, setiap 58 gram lemon memiliki kandungan vitamin C sebesar 30 mg.

Tidak hanya itu saja, lemon ternyata juga kaya akan flavonoid yang merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Selain membuat badan jadi lebih sehat, antioksidan di dalam lemon bisa menghilangkan radikal bebas yang akan merusak sel di dalam tubuh.

Namun, manfaat mengaplikasikan lemon pada wajah juga cukup beragam seperti yang disebutkan oleh Healthline berikut.

  • Mengurangi peradangan dan minyak yang bisa menyebabkan jerawat, serta menghilangkan sel kulit mati sehingga blackheads atau komedo hitam tidak muncul
  • Memberikan efek antimikroba yang bisa mengurangi peradangan akibat jerawat dan membantu penyembuhan ruam candidiasis
  • Menghilangkan tanda penuaan dan bekas jerawat
  • Memberikan efek eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati
  • Meningkatkan level kolagen yang berguna untuk membuat wajah semakin halus

Baca juga: Pakai Lemon untuk Menghilangkan Jerawat, Bagaimana Baiknya?

Efek samping mengaplikasikan lemon pada wajah

Meskipun ada beberapa manfaat yang diberikan oleh lemon untuk wajah, ternyata ada banyak efek samping yang akan cukup berbahaya jika mengaplikasikan lemon secara langsung pada wajah.

Menurut Healthline, vitamin C memang akan sangat berguna untuk kesehatan kulit wajah, namun biasanya perlu dicampur dengan bahan lainnya sehingga lebih aman untuk wajah.

Healthline juga menambahkan bahwa ada beberapa efek samping yang akan timbul dan salah satu yang paling ringan adalah munculnya rasa perih pada kulit.

Selain itu, ada beberapa efek samping yang lebih serius dari mengaplikasikan lemon secara langsung untuk wajah menurut Healthline, seperti:

  • Tingkat keasaman yang cukup tinggi bisa menyebabkan iritasi kulit dan efeknya akan semakin parah jika kulit wajah cukup sensitif. Efek yang timbul seperti kulit menjadi sangat kering, memerah, atau terkelupas.
  • Menyebabkan phytophotodermatitis yang merupakan reaksi kulit terhadap buah sitrus, termasuk lemon, yang kemudian meradang ketika terpapar sinar UV. Hal ini akan menyebabkan kemerahan, bengkak, dan melepuh.
  • Munculnya penyakit leukoderma atau vitiligo yang terjadi akibat hilangnya melanin di dalam kulit yang berguna untuk memberikan warna alami kulit. Ketika menggunakan lemon untuk mencerahkan kulit, maka akan muncul bercak leukoderma.
  • Lemon yang diaplikasikan pada wajah bisa membuat kulit terbakar sinar matahari, terlebih jika terkena paparan secara langsung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com