Kompas.com - 29/08/2022, 21:02 WIB

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan momok bagi banyak orang. Hal itu karena menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung menduduki peringkat pertama penyebab kematian di dunia.

Masih menurut WHO, jumlah kematian akibat penyakit jantung ini secara global mencapai 18,6 juta orang setiap tahunnya.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama dan menjadi penyebab kematian paling tinggi.

Baca juga: Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung memang sering datang dengan tiba-tiba tanpa gejala yang terlihat atau dirasakan. Meski begitu, penyakit ini masih dapat dicegah dengan memelihara kesehatan jantung kita. 

Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi apabila ingin terhindar dari penyakit jantung. Berikut 21 makanan yang diklaim mampu memelihara kesehatan jantung.

1. Ikan salmon

Salmon adalah salah satu makanan yang menyehatkan jantung. Hal itu lantaran ikan laut tersebut mengandung lemak tak jenuh atau omega-3.

Perlu Anda ketahui, omega-3 bermanfaat untuk menurunkan risiko aritmia (detak jantung tak beraturan), aterosklerosis (penumpukan plak di arteri), serta menurunkan trigliserida (lemak yang ditemukan dalam darah).

Selain ikan salmon, makanan laut lainnya yang mengandung banyak omega-3 yaitu sarden dan mackerel. The American Heart Association merekomendasikan makan ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan penunjang kesehatan jantung yang cukup mudah kita temui di berbagai supermarket atau pasar raya.

Oatmeal kaya akan serat larut yang dapat menurunkan kolesterol. Serat larut tersebut berperan sebagai spons di saluran pencernaan yang menyerap kolesterol sehingga dapat dikeluarkan tubuh tanpa diserap dalam aliran darah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.