Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Risiko Ibu Hamil Minum Kopi yang Pantang Disepelekan

Kompas.com - 27/12/2022, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Minum kopi akan menghindarkan tubuh dari rasa kantuk yang menyerang.

Meskipun kopi merupakan jenis minuman yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, namun bolehkan ibu hamil minum kopi?

Baca juga: Mengenal 13 Efek Ketergantungan Kafein dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya, ibu hamil disarankan untuk tidak berlebihan atau sembarangan minum kopi karena ada beberapa risiko yang akan muncul. Kenali risiko ibu hamil minum kopi berikut ini.

Risiko ibu hamil minum kopi

Disarikan dari Healthline dan American Pregnancy Association, berikut beberapa risiko ibu hamil minum kopi yang perlu diketahui:

  • Meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau cacat

Metabolisme kafein pada ibu hamil ternyata cukup lambat. Bahkan, ada penelitian menyebut ibu hamil perlu waktu 1,5 hingga 3,5 kali lebih lambat untuk mengeluarkan kafein dari dalam tubuh.

Karena metabolisme yang lebih lambat ini, kafein di kopi dapat tersalurkan melalui plasenta dan masuk ke dalam aliran darah, sehingga bisa memengaruhi janin.

Salah satu risiko terburuk yang akan terjadi dari konsumsi kopi pada ibu hamil secara berlebihan adalah bayi mengalami kelahiran prematur atau lahir cacat.

Baca juga: Manfaat Minum Kopi Setiap Hari untuk Menurunkan Risiko Kematian Dini

  • Bayi lahir dengan berat badan rendah

Banyak yang masih ragu apakah ibu hamil boleh minum kopi atau tidak. Ternyata, ibu hamil tidak boleh minum kopi karena kandungan kafein yang dimilikinya bisa memicu bayi lahir dengan berat badan rendah.

Kafein ternyata bisa mengakibatkan bayi kekurangan nutrisi untuk berkembang sehingga terdapat kemungkinan untuk lahir dengan berat badan rendah yang akan memicu berbagai masalah kesehatan.

Bahkan, disebutkan bahwa konsumsi kopi dengan kandungan kafein sebesar 50 mg sampai 149 mg per hari bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah hingga 13 persen.

Baca juga: 5 Tanda Ketergantungan Kafein yang Perlu Diwaspadai

  • Keguguran

Risiko terburuk yang akan dialami ibu hamil yang minum kopi secara berlebihan adalah keguguran. Efek ini biasanya muncul pada ibu hamil yang minum kopi serta asupan berkafein lainnya dengan kadar kafein lebih dari 200 mg per hari.

Karena risiko ini, ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi dan asupan berkafein lain seperti teh, cokelat, atau soda dengan total kandungan kafein lebih dari 200 mg per hari.

Mengingat ada beberapa risiko ibu hamil minum kopi, ada baiknya para calon ibu dan ibu hamil lebih cermat memilih asupan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ibu hamil boleh minum kopi, tapi sebaiknya batasi jumlahnya secangkir saja, serta tidak melebihi angka yang sudah disarankan untuk meminimalisir efek negatif yang mungkin terjadi. 

Jika ibu hamil masih ragu-ragu dan khawatir minum asupan ini, coba berkonsultasi ke dokter atau bidan yang biasanya menangani untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Baca juga: Kafein untuk Kesehatan, Baik atau Buruk?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com