Kompas.com - 05/09/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Kafein sudah dipercaya sejak lama sebagai solusi terbaik untuk memberikan energi lebih banyak dan menghindarkan dari kantuk.

Sayangnya, konsumsi kafein yang melebihi batas wajar bisa membuat Anda menjadi ketergantungan sehingga tidak bisa menjalani hari tanpa adanya asupan kafein dalam jumlah tertentu.

Ketergantungan kafein memang tidak memiliki bahaya yang besar seperti ketergantungan narkoba dan bisa hilang dalam beberapa hari.

Meskipun begitu, efek yang terjadi ketika asupan kafein tidak terpenuhi ternyata cukup membuat tidak nyaman.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Rasa Kantuk Tanpa Kafein

Kompas TV Minum kopi panas atau dingin adalah perihal selera, tapi apa saja manfaat kesehatan di balik kopi panas dan kopi dingin? Simak informasinya berikut ini

 

Berikut adalah tanda-tanda ketergantungan kafein yang perlu Anda waspadai.

1. Sakit kepala

Menurut penelitian dalam jurnal Human Brain Mapping pada tahun 2009, kafein bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak melambat.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa 250 mg kafein bisa mengurangi aliran darah ke otak sebesar 27 persen.

Dengan kata lain, menghentikan asupan kafein bisa membuat pembuluh darah melebar sehingga aliran darah ke otak juga semakin meningkat.

Healthline menjelaskan bahwa perubahan yang terjadi ini bisa mengakibatkan sakit kepala karena otak mencoba beradaptasi kembali.

Ketika Anda tidak mengonsumsi kafein atau mengurangi jumlahnya, sakit kepala akan muncul, namun akan hilang dalam beberapa hari ketika otak sudah mampu beradaptasi.

 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.