Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Obat Pengencer Dahak Alami yang Praktis Dijajal di Rumah

Kompas.com - 17/02/2023, 14:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa bahan-bahan alami yang biasanya tersedia di dapur potensial digunakan sebagai obat pengencer dahak.

Dilansir dari Healthshots, penyebab dahak umumnya berasal dari infeksi saluran pernapasan bagian bawah.

Infeksi ini bisa berupa serangan virus, bakteri, sampai jamur. Beberapa kuman tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti pneumonia, tuberkulosis, bronkitis, bronkiektasis, asma, sampai penyakit paru obstruktif kronik.

Simak beberapa obat pengencer dahak alami yang praktis dijajal di rumah berikut ini.

Baca juga: 5 Penyebab Banyak Dahak di Tenggorokan dan Cara Menghilangkannya

Obat pengencer dahak alami

Berikut beberapa bahan-bahan sederhana yang bisa digunakan sebagai obat pengencer dahak alami:

  • Wedang jahe, kayu manis, dan madu

Wedang campuran jahe, kayu manis, dan madu membantu mengeluarkan dahak di tenggorokan. Jahe bisa mengurangi pembengkakan karena sakit tenggorokan. Sedangkan madu menenangkan tenggorokan dan mengurangi batuk. Tapi ingat, jangan berikan madu pada bayi di bawah satu tahun karena bisa menyebabkan botulisme.

  • Larutan air garam

Kumur dengan larutan garam juga bisa jadi pengencer dahak alami yang praktis. Anda tinggal menyiapkan satu gelas air hangat yang diberi dua sendok makan garam. Gunakan larutan air garam untuk berkumur dua sampai tiga kali sehari atau saat ada dahak di tenggorokan.

Baca juga: Cara Mengeluarkan Dahak yang Membandel di Tenggorokan secara Alami

  • Wedang perasan lemon dan madu

Dilansir dari Tuasaude, minum wedang perasan lemon yang diberi sedikit madu dapat dipakai menjadi obat pengencer dahak alami. Kombinasi antioksidan dan vitamin C dalam lemon ini bisa mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Sedangkan madu bisa mengurangi iritasi tenggorokan.

  • Jus jeruk, nanas, dan selada

Jus yang dibuat dari campuran jeruk peras, satu potong nanas nanas, dan setengah cangkir selada kaya akan vitamin C dan A, zat besi, kalium, dan bromelain. Zat-zat tersebut potensial untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak, sekaligus memperkuat daya tahan tubuh.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk

  • Seduhan peppermint

Bagi Anda yang mencari obat pengencer dahak yang praktis, coba seduh teh celup peppermint yang banyak dijual di supermarket, atau seduh enam lembar daun mint yang sudah dicincang. Kandungan mentol dalam bahan alami ini bisa membantu meredakan peradangan dan mempercepat pemulihan infeksi saluran pernapasan.

  • Seduhan thyme

Bahan alami yang sering dipakai sebagai bumbu masakan ini ternyata dapat digunakan sebagai obat pengencer dahak alami. Caranya, tambahkan sedikit thyme kering dalam segelas air panas. Tunggu lima sampai 10 menit lalu minum seduhannya selagi hangat. Ingat, seduhan thyme sebaiknya tidak diminum penderita maag, tukak lambung, penyakit liver, atau orang yang minum obat pengencer darah.

Baca juga: 10 Obat Batuk Berdahak Alami ala Rumahan

  • Ramuan bawang merah dan bawang putih

Campuran bawang merah dan bawang putih juga dapat dipakai untuk mengeluarkan dahak. Caranya, campurkan parutan satu siung bawang merah, satu siung bawang putih, dan beri sedikit madu. Minum satu sendok teh ramuan ini sebanyak tiga kali sehari.

  • Kayu putih

Menghirup uap kayu putih juga bisa membantu meredakan hidung yang tersumbat dan mengeluarkan dahak di tenggorokan. Caranya cukup mudah. Siapkan satu liter air panas, lalu beri lima tetes minyak kayu putih. Hirup uap hangatnya selama 10 menit sebanyak dua atau tiga kali sehari.

Perlu diingat, selain mempertimbangkan obat pengencer dahak alami di atas, Anda perlu mengatasi akar penyebab dahak berlebih untuk mengatasi masalah kesehatan ini sampai tuntas.

Baca juga: 11 Obat Batuk Kering Alami yang Ampuh ala Rumahan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com