Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dan Merah yang Tepat

Kompas.com - 29/08/2023, 18:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah kulit seperti jerawat kerap meninggalkan bekas yang kerap mengganggu penampilan. Nah, cara menghilangkan bekas jerawat hitam dan merah ternyata ada sedikit perbedaan. 

Sebelum menyimak beberapa kedua caranya, ada baiknya Anda mengenali dulu bedanya bekas jerawat hitam dan dan merah. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Lebih Cepat

Apa bedanya bekas jerawat hitam dan merah?

Dilansir dari Healthline, ada dua jenis hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit yang disebabkan oleh jerawat, yaitu bekas jerawat merah dan bekas jerawat hitam. Berikut perbedaan keduanya:

  • Bekas jerawat hitam

Bekas jerawat hitam adalah bekas jerawat yang terjadi karena produksi melanin atau zat pewarna kulit secara berlebihan. Bekas jerawat ini dikenal dengan istilah medis post-inflammatory hyperpigmentation (PIH).

Dilansir dari VerywellHealth, produksi melanin berlebih membuat bekas jerawat tampak cokelat gelap atau kehitaman, sehingga bekas jerawat yang meradang ini lebih susah dihilangkan.

Bagi yang penasaran berapa lama bekas jerawat hitam hilang? Umumnya noda kehitaman ini butuh waktu berbulan-bulan sampai dua tahun untuk pudar. Terlebih jika bekas jerawat sering kepanasan atau ada riwayat jerawat dipencet dan diutak-atik.

Masalah kulit ini jamak dialami orang dengan warna kulit lebih gelap. Tapi, tidak menutup kemungkinan, orang yang kulitnya cenderung cerah juga mengalaminya. 

  • Bekas jerawat merah

Bekas jerawat merah adalah istilah yang digunakan awam untuk menunjukkan bekas jerawat yang bewarna kemerahan, merah muda, atau ungu. Bekas jerawat ini dikenal dengan istilah medis post-inflammatory erythema (PIE). 

Masalah kulit yang biasanya dialami orang dengan warna kulit lebih terang ini disebabkan  pelebaran, pembengkakan, atau kerusakan pada pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai kapiler yang berada di bawah kulit.

Bekas jerawat merah lazimnya muncul setelah jerawat jenis kistik. Sebelum muncul bekas jerawat merah, biasanya diawali dengan munculnya jerawat berupa bintik-bintik, tapi bukan berupa komedo hitam atau komedo putih.

Bagi yang bertanya, berapa lama bekas jerawat merah hilang? Tanpa perawatan khusus, biasanya bekas jerawat merah bisa hilang sendiri dalam waktu enam bulan. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah

Apa bedanya cara menghilangkan bekas jerawat hitam dan merah?

Bekas jerawat hitam biasanya lebih membandel atau lebih sulit dihilangkan ketimbang bekas jerawat merah. Berikut perbedaan cara menghilangkannya:

  • Cara menghilangkan bekas jerawat hitam

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam memerlukan ketelatenan dengan produk perawatan kulit atau dengan perawatan medis tertentu, berikut beberapa di antaranya:

    1. Gunakan skincare berbasis alpha hydroxy acids (AHA). Bahan aktifnya dapat membantu mempercepat proses pengelupasan alami kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat hitam 
    2. Oleskan hidrokuinon yang diresepkan dokter. Obat penghilang bekas jerawat ini bekerja dengan cara memblokir enzim yang memproduksi melanin. Sehingga, bahan aktif ini bisa mencerahkan kulit yang tampak lebih gelap. Tapi, obat ini terkadang memiliki efek samping bisa mengiritasi kulit, sehingga perlu konsultasi dulu dengan ahli sebelum menggunakannya
    3. Gunakan retinol yang dapat merangsang regerenasi sel, membantu mengatasi jerawat, sekaligus menghilangkan bekas jerawat lebih cepat
    4. Jika beragam produk perawatan atau obat penghilang bekas jerawat hitam kurang efektif mengatasi persoalan kulit ini, saatnya Anda mempertimbangkan perawatan kulit chemical peel, terapi laser, microneedling, atau mikrodermabrasi.

Perlu diingat, segala jenis cara menghilangkan bekas jerawat hitam di atas sifatnya tidak instan. Butuh perawatan beberapa waktu atau beberapa kali, agar hasilnya efektif. 

Baca juga: Kiat Memilih Toner yang Tepat untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Meskipun bekas jerawat merah umumnya bisa hilang sendiri seiring berjalannya waktu, tapi Anda bisa mencoba beberapa cara berikut agar noda bekas jerawat ini bisa lekas bersih. Berikut beberapa di antaranya:

    1. Pakai skincare berbasis vitamin C dapat mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat merah maupun hitam. Bahan aktifnya efektif bisa mencerahkan kulit dan terbuktif mengurangi eritema atau kulit kemerahan, terutama karena paparn sinar ultraviolet B (UVB)
    2. Gunakan skincare yang mengandung niacinamide. Kandungan aktif skincare turunan vitamin B3 ini membantu mengurangi peradangan, mempertahankan kelembapan alami kulit, sehingga cocok digunakan pada kulit wajah dengan bekas jerawat merah atau PIE
    3. Seperti halnya bekas jerawat hitam, apabila bekas jerawat merah tak kunjung hilang dengan perawatan skincare, Anda bisa mempertimbangkan perawatan medis seperti terapi laser dan microneedling.

Jika Anda saat ini tengah bergelut dengan masalah kulit ini, coba pertimbangkan untuk konsultasi ke dokter untuk rekomendasi cara menghilangkan bekas jerawat hitam dan merah yang paling tepat, sesuai kondisi kulit Anda. 

Baca juga: 7 Bahan Masker Organik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com