Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Bawang Putih Bisa Mengobati Bisul?

Kompas.com - 01/10/2023, 16:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian orang berupaya menggunakan cara alami untuk mengobati bisul, termasuk menggunakan bawang putih. Tapi, apakah bawang putih bisa mengobati bisul?

Seperti diketahui, penyakit bisul terkadang membuat penderitanya merasa tidak nyaman karena memunculkan rasa nyeri dan gatal.

Dikutip dari WebMd, bisul disebabkan infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Tapi, terkadang sebagian bisul juga bisa terjadi karena infeksi bakteri atau jamur lain di kulit.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Bisul dan Penyebabnya

Benjolan bisul dengan cepat terisi nanah, membesar, dan semakin nyeri hingga pecah dan mengeluarkan cairan. Perlu diingat, bisul termasuk penyakit menular.

Area yang paling sering terkena bisul atau bisulan adalah wajah, belakang leher, ketiak, paha, dan bokong. 

Tak ayal, sejumlah orang ingin melakukan pengobatan untuk mempercepat penyembuhan bisul agar penyakitnya cepat mereda dan tidak menyebar, salah satunya menggunakan obat bisul alami.

Untuk mengetahui ada tidaknya manfaat bawang putih untuk mengobati bisul, simak penjelasannya lewat artikel berikut ini.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Bisul Pakai Obat dan secara Alami

Benarkah bawang putih bisa mengobati bisul?

Kandungan senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih potensial untuk mengobati bisul secara alami.

Dilansir dari laman resmi Universitas Airlangga, riset yang dikerjakan di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya menggunakan bawang putih untuk membasmi bakteri Staphylococcus aureus, biang penyakit bisul.

Senyawa allicin pada bawang putih yang sudah dihancurkan, mengandung zat antimikroba dan bisa melawan beberapa jenis bakteri, salah satunya Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri penyebab bisul.

Bahkan, ekstrak etanol bawang putih dengan kandungan senyawa allicin-nya terbukti bisa membunuh Staphylococcus aureus resisten methicillin (MRSA) pada kadar 256, 512, dan 1024 mg/mL ditandai dengan tidak adanya bakteri yang tumbuh.

Karena tidak ada bakteri yang tumbuh, maka bisa dipastikan bahwa bawang putih memiliki sifat antibakteri terhadap MRSA, jenis bakteri kebal antibiotik tertentu penyebab bisul susah sembuh. Kadar minimum ekstrak etanol bawang putih terletak pada kadar 256 mg/mL.

Artinya, dengan kadar 256 mg/mL, ekstrak etanol bawang putih sudah dapat membunuh MRSA. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak bawang putih, maka semakin tinggi pula daya hambat dan daya bunuh bakteri.

Selain itu, menurut Healthline, penelitian pada tahun 2015 juga mencatat, penggunaan ekstrak bawang putih dapat membantu mengurangi resistensi bakteri tertentu terhadap antibiotik untuk membantu infeksi.

Meskipun ada beberapa penelitian yang menyebut manfaat bawang putih potensial untuk obat bisul alami, tapi perlu dipertimbangkan bahwa sejumlah studi di atas sifatnya masih terbatas. Dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan efektivitas bahan alami ini untuk bisul.

Baca juga: Sering Bisulan Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com