Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 15:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisul adalah salah satu penyakit kulit yang sering diderita sebagian orang. Meskipun bisa dibilang masalah kesehatan umum, tahukah Anda bahwa jenis-jenis bisul yang menyerang bisa berbeda-beda?

Bisul umumnya ditandai dengan munculnya benjolan kemerahan yang muncul di kulit, seperti wajah, telinga, leher, ketiak, bahu, punggung, sampai pantat. 

Benjolan kecil ini lantas berkembang menjadi benjolan berisi nanah yang terasa nyeri, saat sel darah putih melawan infeksi. 

Untuk mengenal lebih jauh gangguan kesehatan kulit ini, kenali beberapa jenis bisul berikut penyebabnya. 

Baca juga: Sering Bisulan Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?

Jenis jenis bisul dan penyebabnya

Dilansir dari WebMD, berikut jenis-jenis bisul yang biasanya menyerang dan penyebabnya:

  • Folikulitis

Folikulitis adalah yang jadi gejala awal bisul. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil dengan bintik putih di sekitar tumbuhnya rambut, terkadang area sekitar benjolan kemerahan.

Jenis bisul ini terkadang terasa gatal, nyeri saat ditekan, bikin tidak nyaman saat beraktivitas, namun sakitnya tidak seperti nyeri pada bisul yang tumbuh di bagian dalam kulit. 

Penyebab bisul folikulitis berasal dari peradangan atau infeksi pada tempat tumbuhnya rambut atau folikel rambut.

  • Karbunkel

Karbunkel adalah sekumpulan dari beberapa bisul yang terbentuk saling berdekatan, lantas menyatu menjadi bisul yang lebih besar.

Penyakit kulit ini biasanya muncul di punggung dan leher, namun bisa juga berkembang di bagian tubuh lain.

Pria lebih mungkin terkena karbunkel dibandingkan wanita. Karbunkel cenderung tumbuh di lapisan kulit bagian dalam. Penyakit ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Baca juga: Apakah Bisul Menular? Simak Penjelasan Berikut...

  • Jerawat kistik

Jerawat kistik termasuk jenis bisul yang disebabkan infeksi bakteri. Penyebab bisul ini karena penumpukan minyak dan sel kulit mati menyumbat folikel rambut, sehingga menjadi tempat ideal bertumbuhnya bakteri.

Penyakit ini memengaruhi jaringan kulit yang lebih dalam dibandingkan bisul biasa seperti folikulitis, sampai terkadang memicu munculnya kista yang menyakitkan. Jerawat kistik paling sering muncul di wajah dan bahu, dan biasanya terjadi pada masa remaja.

  • Hidradenitis suppurativa

Hidradenitis suppurativa adalah jenis bisul kronis. Bisul yang berisi nanah ini bersifat kambuhan atau berulang kali muncul di tempat sama. Terutama di area lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, tengkuk leher, lipatan payudara, dll. 

Penyebab bisul jenis hidradenitis suppurativa awalnya karena infeksi pada kelenjar keringat dan folikel rambut yang tersumbat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com