Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok Buat MPASI, Ini 7 Manfaat Buah Mangga untuk Bayi

Kompas.com - 06/10/2023, 18:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Buah-buahan dapat dikenalkan pada bayi sejak berumur enam bulan atau saat sudah memasuki masa MPASI. Salah satu buah yang dapat dikonsumsi si kecil yaitu buah mangga.

Manfaat buat mangga untuk bayi antara lain melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, mendukung perkembangan otak, dan melembapkan kulit.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut berbagai manfaat buah mangga untuk bayi.

Baca juga: 13 Nutrisi Buah Mangga dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Apa manfaat mangga untuk bayi?

Dilansir dari Parenting.firstcry, berikut aneka manfaat mangga untuk bayi:

  • Melancarkan pencernaan

Mangga kaya akan serat dan enzim pencernaan yang dapat mencegah sembelit pada bayi sehingga si kecil dapat buang air besar dengan lancar.

  • Menjaga kesehatan mata

Vitamin A pada buah mangga dapat menjaga kesehatan mata, terutama menghindari masalah seperti kekeringan, gatal, dan rabun senja.

  • Mendukung perkembangan otak

Manfaat mangga untuk bayi selanjutnya adalah mendukung perkembangan otak. Buah mangga mengandung asam glutamin (asam amino dari buah) yang sangat penting untuk perkembangan otak si kecil.

Bersamaan dengan vitamin B6 yang juga terdapat pada buah mangga, asam glutamin juga bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

  • Melembapkan kulit

Vitamin A dalam buah mangga selain memelihara kesehatan mata juga dapat melembapkan, menjaga kulit tetap kenyal, dan bercahaya.

Baca juga: 7 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil

  • Mencegah risiko anemia

Dalam satu buah mangga terkandung sekitar 0,5 mg zat besi yang dibutuhkan untuk menunjang produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah mangga untuk MPASI memiliki banyak vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

Tak hanya itu, mangga juga mengandung beta-karoten yang merupakan antioksidan untuk menjaga sistem imun.

  • Membantu menambah berat badan bayi

Mangga adalah buah yang rendah lemak. Namun, buah ini memiliki kalori yang tinggi sehingga dapat menambah berat badan si kecil.

Tips memberikan buah mangga pada bayi

Bayi tidak bisa mengonsumsi semua jenis makanan seperti kebanyakan orang dewasa. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna sebelum memberikan buah mangga kepada si kecil:

  • Tidak memberikan mangga kepada bayi di bawah usia 6 bulan. Kenalkan buah mangga kepada anak saat mereka sudah mengonsumsi makanan padat atau MPASI.
  • Hancurkan buah mangga hingga teksturnya lumat dengan saringan makanan atau blender khusus bayi agar si kecil tidak tersedak saat mengonsumsi buah ini.
  • Perhatikan apakah si kecil alergi makan buah mangga. Ayah dan ibu bisa memberikan sepucuk sendok makan bayi mangga yang sudah disaring dengan tekstur pure atau lumat lalu amati apakah ada reaksi alergi seperti gatal atau ruam beberapa hari setelah pemberian buah tersebut.
  • Pastikan Anda memberikan buah mangga yang sudah matang. Pasalnya, mangga mentah dapat terasa asam dan menyebabkan masalah pada pencernaan si kecil.

Baca juga: Benarkah Makan Mangga Bikin Batuk? Berikut Faktanya...

Setelah menyimak manfaat mangga untuk bayi dan tips dalam pemberiannya, orangtua bisa mencoba mengenalkan buah tropis satu ini kepada si kecil.

Perlu diingat, buah dan sayur selama MPASI sifatnya adalah pengenalan sehingga Anda perlu membatasi porsinya yaitu setengah sebanyak 100-340 gram saja.

Orangtua juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak sebelum memberikan buah mangga untuk MPASI kepada bayinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com