Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mental Menurut Ahli Gizi

Kompas.com - 10/10/2023, 17:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Konsumsi makanan bergizi dan seimbang tidak hanya berguna dalam memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun juga berperan dalam menjaga kesehatan mental.

Dilansir dari HealthDirect, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan bergizi dan seimbang dapat membantu mengendalikan berat badan dan meningkatkan kualitas tidur sehingga memberi efek positif pada kesehatan mental.

Lantas, apa saja makanan untuk menjaga kesehatan mental yang perlu kita konsumsi? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Petik 5 Manfaat Nostalgia buat Menjaga Kesehatan Mental

Makanan apa yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental?

Ahli gizi Luviana Widyawati, S.Gz memaparkan, untuk menjaga kesehatan mental kita perlu menerapkan pola makan bergizi dan seimbang.

Makanan disebut memiliki gizi dan seimbang apabila mengandung makro dan mikronutrien yang pas. 

"Pola makan bergizi dan seimbang tidak hanya baik untuk kondisi fisiologi dan komposisi tubuh manusia, tetapi juga memiliki efek signifikan pada suasana hati dan kesehatan mental manusia," ujar Luviana kepada Kompas.com, Selasa (10/10/2023).

Untuk diketahui, ada tiga jenis makronutrien atau zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Karbohidrat umumnya bisa didapat dari nasi, jagung, dan umbi-umbian. Lalu protein dan lemak bisa kita dapatkan dari hewan maupun tumbuhan tertentu.

Untuk mikronutrien yang diperlukan dalam menjaga kesehatan mental, antara lain omega 3, asam folat, dan asam amino.

Ahli gizi yang berpraktik di Rumah Sakit Jiwa Dr. RM Soedjarwadi Klaten itu menjelaskan, konsumsi makanan tinggi asam lemak omega 3 dapat menurunkan risiko gangguan mood dan mengoptimalkan fungsi otak.

"Asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi risiko gangguan suasana hati serta mengoptimalkan fungsi otak. Asam lemak omega 3 dapat ditemukan di ikan salmon, sarden, dan chia seed," kata Luviana.

Baca juga: Petik 5 Manfaat Nostalgia buat Menjaga Kesehatan Mental

Kemudian, asam folat berperan dalam melindungi dan memelihara sel saraf pada otak sehingga mengurangi risiko gejala gangguan kesehatan mental.

Makanan yang mengandung asam folat antara lain daging unggas, hati sapi, daging merah, telur, sayur bayam, asparagus, dan kacang polong.

Luviana juga mengingatkan agar selalu mengonsumsi makanan mengandung asam amino demi kesehatan mental.

"Asam amino berfungsi memperbaiki sel sel tubuh yang rusak. Konsumsi makanan mengandung asam amino membantu meningkatkan hormon serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati," imbuh Luviana.

Sumber asam amino antara lain susu, telur, daging ayam, daging sapi, ikan, udang, kacang kedelai, kacang hijau, pisang, dan alpukat.

Setelah menyimak penjelasan di atas, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mental dengan porsi cukup atau sesuai rekomendasi ahli gizi dan dokter.

Selain mengonsumsi makanan untuk kesehatan mental, Anda juga perlu rutin berolahraga, istirahat cukup, dan melakukan hobi agar terhindar dari masalah kesehatan mental, seperti depresi, stres, gangguan mood, dan gangguan cemas.

Baca juga: Bukan Sekadar Hormon, Begini Peran Dopamin untuk Kesehatan Mental

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com