Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Makan Buah Mangga saat Perut Kosong?

Kompas.com - 11/10/2023, 06:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Sajian smoothies berbasis mangga menjadi salah satu menu sarapan yang menggugah selera. Cita rasanya yang manis dan menyegarkan cocok menjadi menu untuk mengawali hari. Tapi, apakah makan buah mangga saat perut kosong

Seperti diketahui, buah mangga adalah salah satu buah tropis yang banyak mengandung air dan umumnya memiliki rasa manis. 

Mengutip Verywell Fit, buah ini juga bisa cukup memberikan energi dengan kandungan 99 kalori per 165 gram.

Kandungannya 91 persen di antaranya berasal dari karbohidrat, 5 persen dari protein, dan 5 persen dari lemak, jika dibulatkan.

Baca juga: Apakah Buah Mangga bisa Bikin Gemuk?

Mangga juga kaya akan vitamin, terutama vitamin C. Satu porsi mangga menyediakan 66 persen dari angka kecukupan gizi (AKG).

Anda juga akan mendapat manfaat dari dosis vitamin A (11 persen dari AKG) dan vitamin B6 yang masing-masing 11 persen dari AKG).

Selain itu, ada kandungan buah mangga berupa vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, folat, niasin, dan asam pantotenat dalam jumlah yang lebih kecil.

Mineral dalam buah mangga antara lain tembaga, kalium, dan magnesium.

Lantas, bagaimana jika buah mangga dimakan saat perut kosong? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Apakah Buah Mangga Meningkatkan Kadar Asam Urat?

Bolehkah makan buah mangga saat perut kosong?

Menurut ahli gizi Lavleen Kaur yang dikutip dari NDTV Food, makan buah mangga saat perut kosong umumnya boleh-boleh saja, asalkan Anda tidak punya gangguan pencernaan atau masalah kesehatan tertentu.

"Ya tidak masalah makan buah mangga saat perut kosong. Tubuh kita membutuhkan makanan kaya alkali di pagi hari dan karenanya makan buah apa pun (selain buah jeruk) baik untuk memulai hari," kata Kaur.

Mengutip MD Anderson Cancer Center, makanan mengandung alkali dapat mengurangi produksi asam dalam tubuh. Ini diyakini dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kanker.

Oleh karena itu, buah mangga juga termasuk makanan sehat untuk dikonsumsi di pagi hari. Meskipun relatif aman, tapi Anda yang punya gangguan pencernaan tidak dianjurkan makan mangga saat perut kosong.

Dilansir dari EatingHabbits, bagi orang yang punya masalah lambung atau gangguan pencernaan; makan mangga, terutama yang belum matang, bisa meningkatkan risiko asam lambung naik, sakit perut, nyeri ulu hati, atau diare. 

Baca juga: Kenali Kalori Buah Mangga dan Kandungannya yang Baik untuk Kesehatan

Apa pantangan makan buah mangga?

Kaur mengatakan, Anda perlu menghindari makan buah mangga setelah makan berat dan malam sebelum tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com