Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Meredakan Adenomiosis secara Alami, Termasuk Minum Air Jahe

Kompas.com - 23/10/2023, 11:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Adenomiosis adalah gangguan reproduksi wanita ketika jaringan endometrium yang melapisi rahim berpindah (tumbuh) ke otot rahim.

Wanita dengan adenomiosis umumnya mengeluhkan kram tajam sebelum dan selama menstruasi, perdarahan berlebihan, nyeri saat berhubungan seksual, dan gangguan kesuburan.

Diperlukan tindakan medis tertentu untuk mengobati adenomiosis secara total, yaitu dengan operasi pengangkatan rahim (histrektomi) atau pembedahan untuk menghilangkan adenomiosis dari otot rahim.

Meski demikian, penderita dapat meredakan masalah medis terkait adenomiosis secara alami seperti kompres panas dan konsumsi air jahe.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut cara meredakan adenomiosis secara alami tanpa bantuan obat.

Baca juga: Kenali Apa itu Adenomiosis, Gejala, dan Penyebabnya

Bagaimana cara meredakan adenomiosis secara alami?

Disarikan dari Mayo Clinic dan Stylecraze, berikut beberapa cara mengatasi adenomiosis secara alami yang dapat Anda jajal:

  • Kompres dengan bantalan pemanas

Sakit perut, kram hebat, dan nyeri pada punggung bagian bawah yang dialami penderita adenomiosis bisa diredakan dengan mengompres area tersebut menggunakan bantalan pemanas.

Kompres panas dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul sehingga membantu relaksasi serta mengurangi tekanan dan nyeri di bagian rahim.

Anda bisa meletakkan bantalan pemanas itu selama lima menit di perut bagian bawah. Ulangi cara tersebut hingga Anda merasa nyaman.

  • Berendam dengan air hangat

Mandi atau berendam menggunakan air hangat juga bisa membantu mengurangi kram perut saat menstruasi dan membuat tubuh lebih rileks.

  • Pijat

Cara meredakan adenomiosis selanjutnya yaitu dengan memijat perut yang sakit.

Pijat perlahan dengan minyak esensial di area perut dapat melancarkan aliran darah dan meredakan nyeri haid pada pasien adenomiosis.

Baca juga: 7 Tanda-tanda Adenomiosis, Wanita Perlu Waspada

  • Mengoleskan minyak jarak

Minyak jarak mengandung asam risinoleat yang membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada rahim.

Anda dapat mengoleskan minyak jarak ke perut bagian bawah, kemudian menempatkan botol atau bantalan pemanas di atasnya selama 15-20 menit.

  • Minum air jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Oleh karena itu, air jahe dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kram saat menstruasi, meredakan peradangan, dan nyeri pada pasien adenomiosis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com