Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Pertolongan Pertama Demam Berdarah Dengue Menurut Dokter

Kompas.com - 28/10/2023, 10:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk bernama Aedes aegypti. Penyakit ini jamak terjadi di daerah tropis terutama pada peralihan musim atau masa pancaroba.

Gejala demam berdarah berupa kenaikan suhu tubuh atau demam mencapai , muncul ruam atau bintik-bintik merah, nyeri otot dan sendi, serta kehilangan nafsu makan.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Demam Berdarah pada Orang Dewasa

Demam berdarah bisa menyebabkan komplikasi seperti kekurangan oksigen (hipoksia), pendarahan, kerusakan organ vital seperti hati, jantung, otak, dan paru-paru, hingga mengancam nyawa.

Oleh karena itu, penderita demam berdarah perlu segera mendapat penanganan untuk mengatasi keluhan medis yang mereka alami.

Artikel ini akan menjelaskan pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam berdarah.

Bagaimana pertolongan pertama untuk mengatasi demam berdarah?

Dokter spesialis penyakit dalam Dr dr Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI, menganjurkan pasien demam berdarah dengue (DBD) untuk minum banyak air gula dan elektrolit.

Pemberian air mengandung gula dan elektrolit, bisa mulai dilakukan saat seseorang mulai merasakan gejala demam berdarah, seperti muntah dan bintik-bintik merah di kulit sembari menunggu hasil pemeriksaan dokter.

"Kalau darah merembes keluar, membuat darah jadi kental, sehingga kalau tak ditangani dengan baik itu bisa menimbulkan syok, di mana tekanan darahnya drop dan nadinya cepat sehingga dianjurkan minum yang banyak itu supaya mengganti cairan yang keluar tersebut," ujar Leonard dilansir dari Antara, Selasa (24/10/2023).

Leonard melanjutkan, penyerapan air mengandung gula dan elektrolit di usus lebih tinggi dibandingkan dengan air biasa.

Selain memberikan air gula dan elektrolit, dokter Leonard juga mengingatkan orang yang mengalami gejala DBD untuk segera menuju fasilitas pelayanan kesehatan.

Hal itu untuk memastikan kemungkinan demam berdarah atau kondisi medis lainnya sehingga dapat segera mendapat penanganan yang sesuai.

Baca juga: Benarkah Jus Jambu Biji Digunakan untuk Obat Demam Berdarah?

Bagaimana cara mengatasi demam berdarah dengue?

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara mengobati demam berdarah yang bisa dianjurkan oleh dokter, antara lain:

  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas atau diresepkan dokter, seperti paracetamol, ibuprofen, atau acetaminophen
  • Terapi elektrolit untuk mengembalikan cairan yang hilang, meningkatkan asupan cairan, dan menunjang kinerja organ vital.
  • Transfusi darah guna mengembalikan jumlah trombosit ke angka yang normal.

Selain itu, penderita demam berdarah dengue perlu mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta istirahat cukup selama masa pemulihan.

Mengetahui pertolongan pertama demam berdarah dengue yaitu dengan konsumsi air gula dan cairan elektrolit sangatlah penting untuk mengganti cairan yang hilang.

Namun perlu diingat bahwa seseorang yang mengalami keluhan medis atau gejala DBD harus segera ke dokter untuk mendapat diagnosis dan perawatan yang paling sesuai dengan kondisinya.

Baca juga: Mengenal Imunisasi Dengue untuk Mencegah Demam Berdarah (DBD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com