Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Jus Jambu Biji Digunakan untuk Obat Demam Berdarah?

Kompas.com - 23/04/2023, 07:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Jus jambu adalah salah satu bahan alami yang sering dianjurkan untuk mengobati demam berdarah.

Lantas, apakah benar jus jambu biji bisa digunakan untuk obat demam berdarah? Simak penjelasan ahli lewat artikel di bawah ini.

Baca juga: 9 Penyebab Trombosit Turun, Tak Selalu DBD (Demam Berdarah)

Benarkan jus jambu biji obat demam berdarah?

Dokter spesialis anak subspesialis infeksi dan penyakit tropis Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp. A, Subsp. IPT, M.TropPaed menjelaskan, jus jambu biji bukanlah obat demam berdarah.

“Demam berdarah itu efek fatalnya karena kebocoran pembuluh darah, bukan trombosit rendah,” jelas Hinky, seperti dilansir dari Antara (17/4/2023).

Dikutip dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kadar trombosit rendah termasuk bagian dari perjalanan penyakit karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini.

Kondisi ini disebabkan trombosit terpakai untuk menyumbat sel-sel pembuluh darah yang bocor atau melebar karena infeksi virus dengue. Semakin parah tingkat infeksi, kadar trombosit semakin rendah.

Lebih lanjut Hinky menjelaskan, tujuan pengobatan demam berdarah utamanya penggantian cairan karena pembuluh darah bocor, bukan untuk menaikkan trombosit. Kadar trombosit naik ketika daya tahan tubuh membaik.

"Tidak serta merta minum jus jambu trombosit naik. Bukan ya. Trombosit bakal naik di hari ke-6. Kalau cairannya kita penuhi, trombositnya naik sendiri," kata dia.

Baca juga: Bukan untuk Mengobati Demam Berdarah, Ini 5 Manfaat Jambu Biji

Apakah penderita demam berdarah boleh minum jus jambu biji?

Meskipun bukan obat demam berdarah, tapi penderita demam berdarah boleh minum jus jambu biji, asalkan tidak ada keluhan sakit lambung atau masalah kesehatan lainnya.

Namun, Hinky menggarisbawahi, pemberian cairan untuk membantu perawatan demam berdarah tidak selalu harus menggunakan jus jambu.

Penderita demam berdarah juga bisa mengonsumsi seperti susu, sari kurma, cairan elektrolit, sampai kuah sup.

“Enggak harus jus jambu. Mau jus alpukat atau jus apa pun, pokoknya minum. Air putih, susu, kuah sup juga bisa. Pokoknya cairan," jelas Hinky.

Menurut Hinky, pemberian cairan dalam jumlah cukup sangat penting untuk mengobati demam berdarah.

"Kalau pembuluh darahnya bocor, enggak dikasih cairan cukup, penderita bisa syok sampai meninggal dunia,” kata dia.

Setelah menyimak penjelasan jus jambu biji untuk obat demam berdarah di atas, jangan salah kaprah lagi dengan bahan alami ini.

Baca juga: Benarkah Makan Jambu Biji Bisa Jadi Penyebab Usus Buntu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com