Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Termasuk Jahe, Ini 4 Bumbu Dapur untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Kompas.com - 04/01/2024, 10:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kelelahan kronis, sakit kepala, gangguan penglihatan, dan mengakibatkan proses penyembuhan luka lebih lama.

Orang yang memiliki kadar gula darah tinggi perlu mengatasi kondisinya dengan berobat ke dokter. Selain itu, pengidap gula darah tinggi bisa menjajal alternatif pengobatan alami dengan memanfaatkan bumbu dapur.

Artikel ini akan memaparkan beberapa bumbu dapur untuk menurunkan gula darah tinggi yang bisa dicoba.

Baca juga: 4 Bumbu Dapur yang Dapat Mengatasi Kolesterol Tinggi

Bumbu dapur untuk menurunkan gula darah tinggi

Berikut beberapa bumbu dapur atau rempah-rempah yang bisa menjadi alternatif dalam menurunkan gula darah tinggi tanpa obat:

  • Kunyit

Kunyit termasuk bumbu dapur untuk menurunkan gula darah tinggi yang mudah dicari di Indonesia.

Dilansir dari jurnal Hindawi yang dipublikasikan November 2013, kunyit mengandung kurkumin yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta komplikasi terkait diabetes.

Studi tersebut menunjukkan bahwa ekstrak kunyit bisa membantu mengontrol kadar gula darah karena mencegah resistensi insulin.

Karena membantu mengontrol gula darah, kurkumin pada kunyit juga digunakanuntuk mengobati komplikasi diabetes, salah satunya nefropati diabetik atau berkurangnya kemampuan ginjal akibat sakit gula.

Dikutip dari NDTV, cara konsumsi kunyit untuk menurunkan gula darah yaitu dicampur dalam makanan misalnya saat memasak soto atau kari, membuat susu kunyit, atau makan kunyit segar yang sudah dibersihkan.

Baca juga: 8 Bumbu Dapur yang Bisa Bantu Berat Badan, Apa Saja?

  • Jahe

Rempah-rempah untuk mengatasi gula darah tinggi selanjutnya adalah jahe.

Dilansir dari National Institutes of Health, jahe terbukti mendukung proses pelepasan hormon insulin.

Hormon insulin berperan penting dalam homeostasis glukosa atau mengatur kadar gula darah agar tetap dalam rentang nilai normal.

Untuk diketahui, menurut American Diabetes Association (ADA), gula darah normal pada orang dewasa yaitu berkisar antara 70-130 mg/dL sebelum makan dan dua jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL.

Cara mengonsumsi jahe untuk menurunkan gula darah cukup sederhana. Anda bisa memotong satu ruas jahe dan diparut lalu dicampur ke dalam makanan, dibuat limun, meminum air rebusan jahe, atau membuat infused water dengan bumbu dapur yang punya sensasi hangat dan pedas ini.

  • Ketumbar

Bumbu dapur untuk menurunkan gula darah tinggi berikutnya yaitu ketumbar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com