Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi dengan Bumbu Dapur

Kompas.com - 01/02/2023, 13:31 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Gula darah tinggi dapat memicu diabetes dan sindrom metabolik yang mengganggu kesehatan. Karena itu, orang perlu mengatasi gula darah tinggi.

Mengatasi gula darah tinggi dapat diupayakan dengan obat-obatan medis, perubahan pola makan, hingga konsumsi bumbu dapur tertentu.

Baca juga: 7 Tanda-tanda Gula Darah Tinggi yang Sering Tidak Disadari

Artikel ini akan membahas cara mengobati gula darah tinggi secara alami dengan bumbu dapur atau tanaman herbal.

Cara mengatasi gula darah tinggi dengan bumbu dapur

Disarikan dari Everyday Health dan Stylecraze, berikut beberapa bumbu dapur sekaligus cara mengonsumsinya untuk mengatasi gula darah tinggi.

  • Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai pewarna alami dalam masakan. Rempah-rempah ini ternyata juga dapat mengatasi gula darah tinggi karena memiliki kandungan senyawa kurkumin.

Selain itu, menurut penelitian, kunyit juga dapat digunakan untuk mengontrol gula darah sehingga dapat mencegah risiko diabetes.

Dilansir dari Everyday Health, dalam penelitian yang melibatkan 240 partisipan selama 9 bulan, dibuktikan bahwa orang yang mengonsumsi kapsul kurkumin terhindar dari penyakit diabetes.

Cara mengatasi gula darah tinggi dengan kunyit cukup mudah. Anda hanya perlu memakan langsung kunyit mentah yang sudah dicuci bersih atau olahan bumbu dapur tersebut, seperti dalam bentuk kapsul atau bubuk.

Berikut jumlah kunyit untuk mengatasi gula darah tinggi yang bisa Anda konsumsi per hari:

    • Akar kunyit mentah: setengah inci
    • Pasta akar kunyit: 1-2 sendok teh
    • Bubuk kunyit: 1-2 sendok teh
    • Kapsul kunyit: 500 mg, dua kali sehari.

Baca juga: 4 Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Pasien Diabetes demi Cegah Kematian

 

  • Ginseng

Ilustrasi ginseng sebagai obat alami diabetes atau mengatasi gula darah tinggiFreepik/user22978605 Ilustrasi ginseng sebagai obat alami diabetes atau mengatasi gula darah tinggi

 

Ginseng telah digunakan sebagai obat tradisional selama lebih dari 2.000 tahun. Studi menunjukkan bahwa ginseng Asia dan Amerika dapat membantu menurunkan gula darah tinggi pada penderita diabetes.

Penelitian lain menyatakan, ekstrak ginseng berry mampu menormalkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada hewan pengerat (tikus).

Dikutip dari Stylecraze, saat kita mengonsumsi ginseng, penyerapan karbohidrat melambat, dan sel menggunakan lebih banyak glukosa, sehingga tidak terjadi penumpukan gula darah.

Selain itu, konsumsi ginseng juga dapat meningkatkan produksi insulin di pankreas.

Cara mengonsumsi ginseng untuk pengobatan gula darah tinggi yaitu siapkan akar atau bubuk ginseng lalu campur ke dalam air matang atau air hangat, kemudian minum hingga habis.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com