Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2024, 11:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga sangat penting memperhatikan waktu saat melakukannya.

Ada pendapat yang menyebut olahraga di malam hari kurang bagus, sebab bisa membuat kita susah tidur. Walau begitu, kehadiran pusat kebugaran yang buka 24 jam membuktikan bahwa orang bisa tetap berolahraga, pagi atau malam.

Jadi, apakah olahraga di malam hari lebih banyak kerugian atau tetap menyehatkan?

Pada dasarnya pakar kesehatan tidur tak pernah melarang olahraga malam hari. Menurut ahli di National Sleep Foundation (NSF), selalu lebih baik tidur dalam kondisi sudah berolahraga sedikit daripada tidak sama sekali.

Selain itu, kebanyakan orang baru punya waktu luang untuk berolahraga di sore atau malam hari setelah selesai bekerja atau sekolah.

Tergantung pada tujuan kita berolahraga, namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa jika kita ingin olahraga tetap konsisten maka pilihlah waktu di pagi hari. Olahraga di sore hari ternyata bermanfaat untuk memiliki umur panjang.

Baca juga: 4 Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan menurut Studi

Olahraga di malam hari sendiri memiliki manfaat antara lain:

- Mengurangi stres
Olahraga memang bisa jadi cara mengurangi stres dan kecemasan, dan melakukannya di malam hari ternyata punya manfaat lebih besar.

"Bahkan olahraga ringan seperti jalan kaki, meditasi, atau yoga, bisa jadi strategi untuk menenangkan pikiran yang kusut," kata dewan pakar NSF, Temitayo Oyegbile Chidi.

- Tidur lebih nyenyak
Orang yang rutin berolahraga cenderung tidur lebih nyenyak setiap malam dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Penelitian juga mendukung hal tersebut. Olahraga rutin meningkatkan jumlah waktu "tidur dalam" sehingga bangun pun lebih segar.

- Lebih leluasa olahraga
Kebanyakan orang memilih pagi hari untuk mengikuti kelas kebugaran. Jadi, jika kita memilih malam hari biasanya lebih sepi sehingga kita bisa lebih leluasa.

Meski demikian, ada beberapa kekurangan dari waktu berolahraga saat hari sudah gelap, misalnya saja kita cenderung kurang konsisten karena sudah lelah seharian.

Baca juga: Olahraga Apa yang Bisa Mengecilkan Paha dan Bokong? Ini 7 Daftarnya…

Sebagian orang juga merasa jadi sulit tertidur setelah berolahraga. Namun, hal ini berlaku jika intensitas latihannay terlalu keras.

Semua kekurangan tersebut sebenarnya bisa disiasati dengan beberapa cara.

Mulailah dengan memilih waktu latihan beberapa jam sebelum tidur. Hal ini akan memberi tubuh kita waktu untuk "mendinginkan diri" dan rileks sebelum naik tempat tidur.

Untuk pemula sebaiknya pilih latihan kebugaran dengan intensitas rendah. Mungkin dibutuhkan uji coba untuk mengatahui jenis latihan yang tepat dan juga durasinya sampai menemukan formula yang tepat tanpa mengganggu tidur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com