Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 09:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Olahraga tidak hanya berguna untuk membuat tubuh lebih bugar, tetapi ternyata ada banyak manfaat lain yang akan didapatkan oleh tubuh.

Bahkan, olahraga di pagi hari lebih disarankan untuk mereka yang sedang melakukan program diet karena bisa menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Simak beberapa manfaat olahraga pagi untuk kesehatan berikut ini.

Baca juga: Mengenal Efektivitas Olahraga Malam Hari untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat olahraga pagi untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga pagi untuk kesehatan yang sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise di tahun 2012, olahraga pagi bisa meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Proses metabolisme yang lebih baik bisa mendukung kesehatan secara umum serta berkontribusi untuk menurunkan berat badan.

  • Menurunkan nafsu makan

Melakukan olahraga di pagi hari juga berguna untuk menekan nafsu makan dan hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian di dalam Jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise di tahun 2012.

Pada penelitian ini, ditemukan bahwa berolahraga selama 45 menit di pagi hari bisa menekan nafsu makan dengan lebih baik sehingga tidak tergoda untuk makan secara berlebihan dan nyemil.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Menurunkan Berat Badan

  • Membuat tidur lebih nyenyak di malam hari

Menurut penelitian yang dimuat di Jurnal Vascular Health and Risk Management pada tahun 2014, berolahraga secara teratur di pagi hari bisa mendukung kualitas tidur di malam hari.

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa manfaat ini hanya bisa didapatkan ketika para partisipan berolahraga di pagi hari dan partisipan lainnya yang berolahraga di siang dan malam hari tidak mendapatkan manfaat yang serupa.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya perubahan temperatur tubuh dan denyut jantung sehingga olahraga siang dan malam hari malah akan mengganggu kualitas tidur.

  • Mendukung pembakaran kalori secara efektif

Program diet akan lebih berhasil ketika seseorang berolahraga di pagi hari.

Menurut penelitian di dalam British Journal of Nutrition di tahun 2013, olahraga di pagi hari bisa membakar kalori lebih baik. Namun, olahraga harus dilakukan sebelum sarapan agar lebih efektif dalam menurunkan berat badan.

Manfaat olahraga pagi untuk kesehatan tersebut bisa didapatkan ketika dilakukan secara teratur.

Perlu diingat juga, imbangi rutin olahraga pagi ini dengan mengatur pola makan dan menjalani gaya hidup sehat agar kondisi kesehatan semakin terjaga.

Baca juga: 8 Rekomendasi Olahraga Pagi untuk Menurunkan Berat Badan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com