Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Obesitas Menurut Dokter

Kompas.com - 04/03/2024, 19:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Pengidap obesitas perlu olahraga untuk menurunkan berat badan. Lantas, olahraga apa yang cocok untuk penderita obesitas?

Untuk diketahui, obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan.

Baca juga: Ahli Beberkan Dampak Negatif Olahraga Lari Bagi Penderita Obesitas

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Ahmad Akbar, Sp. PD menjelaskan bahwa obesitas adalah kondisi yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

"Obesitas ini sangat berbahaya, terutama obesitas sentral yaitu kegemukan pada lingkaran perut, ya. Ini akan menjadi sumber bibit penyakit, baik itu hipertensi, diabetes, penyakit jantung, ataupun penyakit metabolik lainnya," tutur dokter Akbar dalam video reels yang diunggah di akun Instagram @ngobrol.sehat.

Untuk mencegah masalah kesehatan tersebut, dokter Akbar memaparkan bahwa olahraga yang tepat bisa jadi solusi dalam memangkas kelebihan berat badan pada penderita obesitas.

Menurut penjelasan Akbar, ada beberapa olahraga yang disarankan untuk orang kegemukan atau obesitas.

Olahraga yang cocok untuk penderita obesitas menurut dokter Akbar yang pertama yaitu senam di air atau berenang.

Dokter yang berpraktik di RS JIH Solo itu memaparkan, berenang dan senam di air bisa dilakukan oleh pasien obesitas agar sendinya tidak terbebani dan tidak merasakan nyeri saat berolahraga.

Baca juga: Kenali 4 Stadium Obesitas agar Terhindar dari Komplikasi Kronis

Olahraga kedua untuk pasien obesitas bisa jalan kaki atau joging santai. Kemudian, olahraga untuk penderita obesitas yang ketiga yaitu sepeda statis.

"Yang keempat yaitu adanya pengangkatan beban atau gym, tapi yang low impact, ya. Jadi, konsultasikan dengan personal trainer untuk pasien-pasien khusus obesitas," tutur Akbar.

Perlu diketahui, olahraga low impact adalah latihan fisik dengan beban yang rendah.

Dilansir dari Everyday Health, latihan low impact tidak memberi ketegangan atau beban pada persendian sehingga aman untuk pasien obesitas.

"Nah, yang kelima mungkin ini agak asing ya yaitu ada senam Taichi. Senam Taichi ini sangat baik dilakukan pada pasien-pasien obesitas, baik orang muda ataupun lansia untuk mendapatkan penurunan berat badan sesuai dengan target dan juga menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan secara prima," pungkas Akbar.

Itulah lima olahraga yang cocok untuk penderita obesitas agar berat badannya turun dan semakin bugar.

Durasi olahraga untuk penderita obesitas yaitu 30 menit dan dilakukan dalam lima hari.

Baca juga: 6 Komplikasi Obesitas, Termasuk Penyakit Jantung dan Kanker

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com