Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2012, 14:36 WIB

Kompas.com - Kini pengguna telepon genggam dapat mengukur detak jantung dan tekanan darah mereka hanya dengan satu sentuhan. Perusahaan teknologi yang berbasis di Singapura, Zensorium, merancang instrumen bernama Tinke yang kompatibel dengan iPhone atau iPad.

Menggunakan teknologi deteksi optik, Tinke mengukur perubahan volume darah di tubuh. Hal itu memungkinkan instrumen itu mengetahui detak jantung, tingkat pernafasan dan level oksigen hanya dengan meletakkan ibu jari di sensor merah dan infrared.

Zensorium telah membuat piranti lunak mereka sendiri agar hasil pengukuran dan angka rata-rata kesehatan pengguna akan tampak di layar telepon genggam.

Instrumen itu juga memiliki indeks terpisah untuk memberitahu pengguna tingkat stress mereka kapan saja berdasarkan detak jantung.

Perusahaan itu mengatakan Tinke bukanlah alat medis atau diagnosa tetapi lebih pada 'motivator' bagi mereka yang memiliki tujuan kesehatan tertentu dan meningkatkan kesehatan mereka.

Visit Thaveeprungsriporn, presiden direktur perusahaan, mengatakan banyak negara memiliki masyarakat usia lanjut dan fasilitas kesehatan akan semakin terbatas dalam beberapa tahun mendatang.

"Kami berharap hal itu akan mudah, sederhana dan kami dapat mengubah perilaku konsumen."

Namun angel investor dan mentor bagi perusahaan-perusahaan pemula, Kristav Childress, mengatakan produk semacam ini memerlukan validasi sebelum konsumen bersedia membelinya.

"Saya ingin melihat video, testimoni, dan nilai sesungguhnya dari produk ini, serta tombol 'cobalah sendiri agar anda dapat melakukan percobaan,' kata dia.

Sementara itu Zensorium mengatakan mereka sedang mengerjakan produk lanjutan yaitu alat analisis urine.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com