Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2013, 16:45 WIB

KOMPAS.com — Kita sering mendengar bahwa konsumsi daging merah bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Konsumsi daging merah dikatakan menjadi penyebab tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh seseorang.

Akan tetapi, di sisi lain kita juga harus menyadari bahwa konsumsi daging menyuplai nutrisi bagi tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebuah penelitian pun telah menyebutkan bahwa konsumsi daging merah tetap baik bagi kesehatan.

Lalu kenapa kita mesti makan daging? Berikut ini manfaat penting yang bisa kita dapatkan.

- Protein
Manfaat pertama kita makan daging adalah asupan protein. Kita tahu bahwa daging terkenal akan kandungan proteinnya. Satu hal yang harus diingat, apakah daging merah atau putih yang kita konsumsi, pilihlah tanpa lemak. Bila tidak, kadar kolesterol darah kita pun meningkat karena konsumsi lemak tadi.

- Energi
Kita tidak harus meninggalkan konsumsi daging jika sudah terbiasa makan daging dalam diet harian. Jika mencoba meninggalkannya, maka bisa jadi diet harian kita kurang seimbang. Daging adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Bila kita tinggalkan, maka kita hanya memiliki energi lebih sedikit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

- Vitamin B12
Jenis vitamin ini sebagian besar berasal dari hewan, salah satunya daging merah. Vitamin B sangat penting bagi wanita hamil. Kekurangan vitamin ini dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim.

- Asam linoleat
Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa anti-karsinogen, pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mengobati kanker payudara. Kabar baik nih buat para wanita.

- Sistem kekebalan tubuh
Daging merah mengandung mineral seng, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain dari seng adalah memperlambat penuaan.

- Kecerdasan
Lemak baik dan nutrisi dalam daging merah membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan kita. Inilah alasan besar mengapa kita harus mengonsumsi daging merah.

- Asam lemak omega-3
Kita pikir hanya salmon dan ikan berminyak yang dianggap sebagai sumber terbaik asam lemak omega-3. Daging merah juga mengandung asam lemak omega-3.

Selama dimasak dengan benar dan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, daging merah memberikan banyak manfat bagi kesehatan tubuh. Ingat, pilihlah daging merah kurus dan tanpa lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com