Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumor Sebesar Bayi Tak Lagi Menempel di Wajah Pardjono

Kompas.com - 19/12/2013, 14:40 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com- Tim dokter bedah mulut Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung berhasil melakukan operasi pengangkatan tumor rahang (tumor ameloblastoma) dari wajah Pardjono (38) pada tanggal 12 Desember 2013 lalu.

Menurut dokter pelaksana operasi, drg. Andri Hardianto, tumor ameloblastoma yang melekat di rahang bawah Pardjono merupakan tumor terbesar yang pernah ditangani RSHS Bandung dengan berat mencapai 3 kilogram dan memiliki ukuran 40 x 30 cm.

"Ini merupakan operasi dengan tingkat kesulitan yang tinggi karena harus mengangkat tumor sebesar bayi pada rahang pasien," kata Andri saat konferensi pers di RSHS Bandung, Kamis (19/12/2013).

Lebih lanjut Andri menambahkan, untuk mengangkat tumor di wajah Pardjono, tim dokter menggunakan metode operasi hemimandibulektomi. Selain tumor, kata Andri, rahang bawah Pardjono juga turut diangkat.

Sebagai penggantinya, tim dokter menanamkan plat titanium yang memiliki bentuk menyerupai rahang. "Operasinya berlangsung selama kurang lebih 8 jam," akunya.

Ditempat yang sama, anggot tim dokter lainnya, drg. Winarno Priyanto menjelaskan, tumor ameloblastoma pada umumnya disebabkan oleh pertumbuhan gigi bungsu yang terpendam di rahang dan tidak bisa keluar. Gigi yang terpendam itu mengalami perkembangan yang tidak sempurna sehingga membentuk tumor yang sifatnya jinak.

"Meskipun tumor jinak, ameloblastoma mempunyai sifat destruktif (merusak) organ tulang rahang yang terkena dan juga organ lunak seperti kulit," bebernya.

Saat ini, Pardjono dirawat di ruang Kemuning lantai V RSHS setelah melalui perawatan di High Care Unit (HCU) selama tiga hari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com