Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2014, 14:17 WIB

Kompas.com - Yang terpenting di masa menyusui adalah produksi ASI mengingat ASI adalah makanan terbaik bagi si buah hati. Untuk itu para ibu harus menjaga asupan nutrisinya agar tetap seimbang demi pertumbuhan si kecil yang optimal.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran serta kacang-kacangan dapat meningkatkan produksi ASI. Bagi ibu menyusui, daun katuk pastilah tak asing lagi karena daun katuk dikenal dapat melancarkan produksi ASI.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun katuk cukup baik, antara lain tinggi vitamin C (lebih tinggi daripada jeruk dan jambu biji), sumber vitamin A dan B, kalsium, protein, dan zat besi.

Namun cara mengolah daun katuk harus benar. Jika terlalu lama dipanaskan, kandungan nutrisinya akan rusak sehingga menurunkan kualitasnya sebagai pelancar ASI.

Selain itu, kacang-kacangan jenis "bean" juga dapat membantu produksi ASI jadi lebih banyak.

Jika ibu hanya punya sedikit waktu untuk mengolah daun katuk, susu khusus bagi ibu menyusui yang diperkaya sari daun katuk bisa menjadi pilihan.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu, jangan lupa memenuhi asupan cairan, minimal 8 gelas perhari. Minumlah sebelum merasa haus agar terhindar dari dehidrasi. Jangan menunggu sampai urin berwarna pekat. Jika demikian, ibu harus minum lebih sering dan lebih banyak lagi.

Air putih, jus segar, dan susu sangat dianjurkan. Namun, batasi konsumsi gula demi menjaga berat badan ideal. Yang tak kalah penting adalah makanan sumber protein dan lemak baik, karena kedua zat gizi tersebut berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, sejak dalam kandungan hingga tahun-tahun pertama kehidupannya. Oleh karena itu, kualitas ASI harus dijaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com