Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2016, 13:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Tidak semua masalah jantung datang dengan tanda-tanda peringatan yang jelas. Anda tidak selalu merasa sakit di dada diikuti dengan jatuh ke lantai seperti yang Anda lihat di film-film. Beberapa gejala jantung bahkan tidak terjadi di bagian dada, sehingga tidak selalu mudah mengenali gejalanya.

"Jika Anda tidak yakin, lebih baik memeriksakan diri ke dokter," kata Charles Chambers, MD, direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute.

Sikap waspada Itu terutama berlaku jika Anda kelebihan berat badan, menderita  diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi, kata Vincent Bufalino, MD, juru bicara American Heart Association.

"Dengan faktor-faktor risiko yang Anda miliki, semakin Anda harus peduli tentang apa pun yang mungkin berhubungan dengan jantung." Dan inilah 11 gejala yang paling harus Anda waspadai.

 

1. Ketidaknyamanan di dada

Ini adalah tanda yang paling umum dari bahaya jantung. Jika arteri Anda tersumbat atau mengalami serangan jantung, Anda mungkin akan merasa sakit, sesak, atau  merasa ada tekanan di bagian dada.

"Setiap orang memiliki kata yang berbeda untuk ketidaknyamanan itu," kata Chambers. "Beberapa orang mengatakan seperti  ada gajah duduk di dada mereka. Orang yang lain mengatakan rasanya seperti dicubit atau terbakar."

Ketidaknyamanan ini biasanya berlangsung lebih lama dari beberapa menit. Dan mungkin terjadi ketika Anda sedang beristirahat atau ketika sedang melakukan aktivitas fisik.

Jika rasa sakit hanya berlangsung sangat  singkat - atau ada satu area yang sakit ketika Anda tekan, mungkin masalahnya bukan di jantung, kata Chambers. Namun jika gejala terasala lebih parah dan tidak hilang dalam beberapa menit, segeralah ke rumah sakit.

Anda tetap harus ingat, Anda mungkin memiliki masalah jantung - bahkan serangan jantung - tanpa disertai rasa nyeri dada. Hal ini berlaku lebih banyak di kalangan wanita.

 

2. Mual, mulas, atau sakit perut

Beberapa orang memiliki gejala-gejala di atas saat terjadi atau sebelum terjadi serangan jantung.  Beberapa di antaranya ada yang mengalami muntah-muntah. Sekali lagi, hal ini lebih banyak terjadi pada wanita.

Tentu saja, sakit perut tidak selalu berhubungan dengan sakit jantung. Terutama, jika Anda usai menyantap sesuatu yang mencederai pencernaan Anda. Tapi, tetap, Anda perlu menyadari bahwa hal itu juga bisa terjadi selama serangan jantung.

 

3. Nyeri yang menyebar ke tangan

Gejala lain serangan jantung yang klasik adalah nyeri yang menjalar ke sisi kiri tubuh. "Biasanya dimulai dari dada dan bergerak ke arah luar," kata Chambers. "Tapi ada juga beberapa orang yang mengalami rasa sakit di lengan terlebih dulu baru mengalami serangan jantung."

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com