Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2017, 13:55 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Ada banyak cara mendapatkan ketenangan batin lewat latihan yoga. Misalnya lewat ruangan panas Bikram yoga atau gerakan mengalir Vinyasa hingga yoga bersama kambing. Kabar terbaru, ada jenis yoga yang mengakomodasi para penyuka bir.

BierYoga didirikan di negeri yang terkenal dengan bir-nya: Jerman. Yoga jenis ini merupakan perkawinan pencinta bir dan yoga. Begitu menurut situs organisasi tersebut.

Setiap kelas tentu saja memasukkan unsur bir dalam pose-pose yoga, entah dengan menyeimbangkan botol di kepala atau minum beberapa teguk sambil melakukan pose yoga.

Pendiri yoga ini memberikan argumen mengapa yoga bir ini bisa jadi tren. "Keduanya selama berabad-abad merupakan terapi bagi tubuh, pikiran dan jiwa."

"Kebahagiaan minum bir dan latihan yoga mengisi satu sama lain dan memberikan pengalaman yang memberi energi," begitu pernyataan pendiri yoga bir itu.

Memang bir itu termasuk minuman dengan reputasi berkalori tinggi. Tetapi sesungguhnya bir pun mengandung manfaat sehat, mulai dari mengurangi risiko serangan jantung sampai melindungi tubuh dari diabetes. Bir juga sering diminum untuk pemulihan setelah berlari maraton.

Di mana bisa latihan yoga bir? Kelas itu sementara ini ada di Berlin, Jerman dan sudah menyebar ke Australia. Mungkin sebentar lagi tren itu juga bakal menular ke Amerika Serikat dan negara lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com