Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menghilangkan Mual Karena Asam Lambung Naik

Selain mual, asam lambung naik biasanya juga disertai perut begah, kembung, sering sendawa, heartburn (rasa panas di perut sampai ke dada), diare, sembelit, sampai sakit perut.

Sebelum menyimak cara menghilangkan mual karena asam lambung naik, kenali dulu bagaimana masalah kesehatan ini bisa terjadi.

Bagaimana asam lambung naik bisa menyebabkan mual?

Asam lambung yang seharusnya berada di perut bisa naik ke kerongkongan karena gangguan pada sfingter esofagus bagian bawah atau cincin otot pemisah kedua bagian tubuh ini.

Dilansir dari Medical News Today, setelah orang makan atau minum, normalnya sfingter esofagus bagian bawah akan menutup kembali.

Hal itu bertujuan untuk mencegah segala asupan yang sudah ditelan dan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Akan tetapi, ketika sistem buka tutup klep atau cincin otot ini longgar dan tidak bisa optimal, asam lambung dari perut bisa naik ke kerongkongan sampai ke mulut.

Rasa asam yang tertinggal di mulut diikuti batuk dan sendawa ini tak jarang menyebabkan rasa mual.

Jika kondisi sfingter esofagus bagian bawah bermasalah, asam lambung rentan naik saat penderita stres atau mengonsumsi gorengan, makanan tinggi lemak, makanan pedas, minuman berkafein, atau alkohol.

Cara menghilangkan mual karena asam lambung naik

Melansir Healthline, ada beberapa cara menghilangkan mual karena asam lambung naik, antara lain:

  • Ubah pola makan

Hindari mengonsumsi makanan berlebihan. Coba ganti pola makan menjadi makan dengan porsi kecil tapi lebih sering. Selain itu, kurangi atau hindari asupan pemicu asam lambung naik.

  • Setop merokok

Kebiasaan merokok lambat laun bisa melemahkan sfingter esofagus bagian bawah. Untuk itu, setop merokok demi mencegah mual karena asam lambung naik dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

  • Hindari rebahan atau tidur setelah makan

Agar asam lambung tak gampang naik, upayakan untuk tidak rebahan atau tidur setidaknya dua sampai tiga jam setelah makan.

  • Tinggikan sandaran kepala saat tidur

Penderita penyakit asam lambung disarankan untuk tidur dengan sandaran kepala atau bantal yang tinggi. Dengan bantuan gravitasi ini, mual dan asam lambung naik di malam hari bisa dicegah.

  • Minum wedang jahe

Wedang jahe adalah salah satu obat mual alami yang bisa dijajal. Namun, konsumsi secukupnya saja. Minum wedang jahe berlebihan dapat menyebabkan asam lambung naik.

  • Minum obat asam lambung

Cara menghilangkan mual karena asam lambung naik yakni minum obat asam lambung.

Obat asam lambung naik antasida dapat mengurangi mual dan menetralkan asam di perut. Sedangkan obat proton pump inhibitor (PPI) dapat mengurangi gejala asam lambung naik.

Diskusikan dengan dokter yang biasa menangani untuk obat asam lambung yang tepat. Dokter akan meresepkan obat sesuai kondisi kesehatan dan tingkat keparahan penyakit.

https://health.kompas.com/read/2021/09/04/120100168/6-cara-menghilangkan-mual-karena-asam-lambung-naik

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke