Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Penyebab Sering Kencing Saat Udara Dingin?

Keinginan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecing ini biasanya terjadi saat musim hujan atau Anda sedang berada di ruangan yang dingin.

Fenomena sering kencing saat udara lebih dingin dari biasanya ini dikenal dengan diuresis dingin.

Penyebab kita jadi sering kencing saat udara dingin

Dilansir dari IndiaTimes, tubuh manusia secara alami dirancang untuk mempertahankan kestabilan homeostasis, seperti suhu tubuh, kadar keasaman, nutrisi, dll.

Dengan kata lain, tubuh berupaya menghangatkan dirinya sendiri saat kedinginan. Sebaliknya, tubuh akan mendinginkan dirinya sendiri saat kepanasan.

Saat cuaca relatif dingin seperti di musim hujan, tubuh Anda otomatis akan menjaga suhu inti tubuh agar tetap hangat.

Caranya dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke kulit. Proses ini dikenal dengan vasokonstriksi.

Refleks menghangatkan tubuh ini muncul karena panas di kulit tubuh berkurang saat kedinginan.

Imbas penyempitan pembuluh darah tersebut, dapat membuat tekanan darah sedikit meningkat, karena jumlah darah yang mengalir sedikit berkurang.

Untuk mengendalikan tekanan darah agar tidak melonjak tinggi, ginjal bakal memproduksi urine dengan cara menyaring kelebihan cairan dari darah.

Ketika kandung kemih sudah penuh dengan cairan hasil penyaringan ginjal, praktis orang jadi merasa ingin kencing.

Selain itu, kandung kemih yang penuh juga dapat membuat tubuh kehilangan panas alaminya.

Sehingga, orang secara alami bakal buang air kecil agar kandung kemihnya segera kosong dan menjaga suhu inti tubuh tetap hangat.

Sering kencing saat dingin juga bisa jadi tanda penyakit

Kendati sering kencing saat dingin adalah proses alami tubuh untuk menjaga kehangatan alaminya, namun kondisi ini terkadang juga bisa jadi tanda penyakit atau masalah kesehatan yang perlu diwaspadai.

Melansir New York Post, Anda perlu waspada jika sering kencing saat dingin sampai memengaruhi keseimbangan garam, air, dan mineral alami tubuh.

Kondisi ini dapat terjadi apabila orang sering kencing sampai menguras 2,5 liter urine per hari.

Apabila tidak diimbangi dengan konsumsi cairan yang cukup, orang yang sering kencing saat dingin bisa mengalami dehidrasi.

Di beberapa kasus, sering kencing saat dingin ini terkadang juga bisa jadi tanda penyakit seperti diabetes tipe 2.

Selain sering kencing, penderita diabetes tipe 2 biasanya juga merasakan gejala sering haus, berat badan turun drastis tanpa sebab jelas, kulit jadi bermasalah, mudah lelah, pandangan kabur, dan kerap kesemutan atau mati rasa.

https://health.kompas.com/read/2021/12/11/170100368/apa-penyebab-sering-kencing-saat-udara-dingin-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke