Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Menurunkan Demam dengan Kompres Hangat

Namun, penggunaan kompres hangat ini perlu cermat agar efektif menurunkan suhu tubuh yang melonjak.

Apabila caranya keliru, bukan tidak mungkin badan yang sedang demam justru menggigil kedinginan.

Cara menurunkan demam dengan kompres hangat

Dilansir dari PM Pediatrics, manfaat kompres hangat dapat membantu mendinginkan tubuh dan menurunkan demam tanpa menyebabkan kedinginan.

Kompres hangat dapat merangsang produksi keringat, sehingga suhu tubuh akan menurun.

Selain itu, efek kompres hangat juga dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga membuat tubuh rasanya lebih nyaman saat demam.

Untuk itu, Anda disarankan mengompres tubuh yang demam dengan kompres hangat, bukan kompres dingin.

Ketika suhu tubuh sedang meningkat, menempelkan segala sesuatu yang dingin ke kulit bisa menyebabkan kedinginan dan tidak nyaman.

Dikutip dari beberapa sumber, cara menurunkan demam dengan kompres hangat ini cukup mudah, yakni:

  • Siapkan air hangat bersih yang tidak terlalu panas dan selembar handuk kecil atau waslap. Celupkan kain ini ke dalam air hangat, lalu peras
  • Dalam kondisi kompres hangat yang masih lembap (bukan basah kuyup), tempelkan kompres hangat di bagian dahi, ketiak, selangkangan, dan kaki masing-masing selama 10 menit sampai kain lembap menjadi dingin
  • Pastikan ketika mengompres demam, pakaian tidak basah kuyup. Apabila pakaian basah terkena kompres hangat, ganti dengan pakaian kering

Coba beberapa langkah-langkah menurunkan demam dengan kompres hangat di atas. Selain itu, terapkan perawatan yang tepat agar suhu tubuh bisa segera kembali normal.

Cara menurunkan demam secara alami

Tak hanya dengan kompres hangat, terdapat beberapa cara menurunkan demam secara alami. Dilansir dari Prevention, berikut beberapa di antaranya:

  • Minum banyak cairan seperti air putih, jus buah tanpa gula, susu, atau ASI untuk bayi yang masih menyusui
  • Gunakan pakaian yang longgar dan dapat menyerap keringat saat demam. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal atau selimut berlapis. Ganti pakaian jika keringat yang keluar cukup banyak
  • Banyak istirahat, hindari aktivitas yang menguras tenaga

Jika beragam cara menurunkan demam secara alami di atas, termasuk dengan kompres hangat, sudah dicoba tapi suhu tubuh tak kunjung turun, ada baiknya Anda periksa ke dokter atau bawa ke rumah sakit.

Terutama jika suhu demam sangat tinggi, demam tak kunjung turun meskipun sudah diberikan perawatan dan obat penurun demam yang dijual bebas, sampai memicu kejang, atau disertai gejala lainnya.

https://health.kompas.com/read/2022/02/26/080100868/3-cara-menurunkan-demam-dengan-kompres-hangat

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke