Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengobati Mata Belekan sesuai Penyebabnya

KOMPAS.com - Mata adalah salah satu organ yang rentan mengalami infeksi, salah satunya belekan.

Mata belekan bisa menyebabkan penderitanya merasakan gejala mata merah, berair, dan mengeluarkan kotoran berlebihan.

Dilansir dari All About Vision, mata secara alami bakal mengeluarkan kotoran seperti belek yang terdiri atas lendir, minyak, sel kulit mati, dan kotoran lainnya.

Kotoran mata yang lengket, kering, atau berkerak ini bakal menumpuk di sudut mata saat Anda tidur.

Namun, produksi belek yang berlebihan terlebih jika berwarna kehijauan atau kekuningan, dan disertai sakit mata bisa jadi tanda infeksi.

Cara mengobati mata belekan ini perlu disesuaikan akar penyebab mendasarnya. Sebelum mengenali beberapa di antaranya, ketahui dulu beberapa penyebabnya.

  • Infeksi bakteri

Mata belekan karena infeksi bakteri biasanya ditandai dengan keluarnya belek kental dan lengket yang membuat kelopak mata saling menempel. Terkadang, penyakit ini dibarengi infeksi lain seperti dari bagian telinga.

  • Infeksi virus

Mata belekan karena infeksi virus biasanya muncul dari satu mata, lalu menular ke mata sebelahnya dalam hitungan hari. Kotoran mata karena infeksi virus biasanya cenderung lebih encer dan tidak lengket. Terkadang, penyakit ini juga dibarengi infeksi lain seperti flu, salesma, atau infeksi pernapasan.

  • Alergi

Mata belekan karena alergi gejalanya muncul di kedua mata, disertai rasa sangat gatal, sakit, dan mata membengkak. Terkadang, alergi ini juga disertai bersin-bersin, hidung gatal, sakit tenggorokan, atau asma.

  • Paparan iritan

Beberapa zat yang tak sengaja masuk ke mata seperti produk perawatan kulit atau produk kecantikan, terkadang bisa menyebabkan iritasi. Biasanya, mata belekan karena iritan cenderung berair dan tidak lengket.

  • Penyebab lainnya

Penyebab mata belekan lainnya yakni penyakit infeksi menular seksual yang menjalar sampai ke mata. Biang penyakit ini bisa berpindah dari alat vital ke mata ketika tangan yang terpapar kuman menyentuh area mata.

Untuk mendapatkan diagnosis tepat, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti mata belekan.

Cara mengobati mata belekan

Terdapat beberapa cara mengobati mata belekan tergantung penyebab mendasarnya. Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  • Gunakan obat antibiotik yang diresepkan dokter

Jika mata belekan disebabkan infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan obat antibiotik berupa obat tetes mata, salep, atau pil. Hindari sembarangan mengonsumsi obat antibiotik tanpa petunjuk dari dokter.

Setelah diobati dengan tepat, mata belekan karena infeksi bakteri bisa sembuh dalam waktu seminggu.

  • Tempelkan kompres dingin

Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengobati mata belekan karena infeksi virus. Penyakit ini biasanya bisa sembuh sendiri setelah dua minggu.

Untuk mempercepat penyembuhan penyakit, Anda bisa menempelkan kompres dingin dari es batu yang dibungkus handuk kecil atau waslap ke bagian kelopak mata belekan. Gunakan beberapa kali sehari.

  • Bilas mata dengan air hangat bersih

Untuk mengobati mata belekan karena paparan iritan, Anda bisa membilas bagian mata ini dengan air hangat selama lima menit. Selain itu, hindari paparan zat yang bisa mengiritasi.

Mata belekan karena paparan iritan biasanya dapat sembuh setelah empat jam setelah dibilas dengan air bersih. Jika tidak sembuh, segera bawa ke dokter.

  • Teteskan obat tetes mata

Untuk mengobati mata belekan karena alergi, teteskan obat tetes mata yang mengandung antihistamin untuk mengurangi reaksi alergi. Dokter biasanya juga menganjurkan penderita untuk mengonsumsi obat antiperadangan.

Agar proses penyembuhan bisa lebih cepat, imbangi penggunaan obat tetes mata dengan kompres dingin dan hindari sumber alergi.

  • Gunakan obat antivirus

Untuk mengobati mata belekan karena infeksi menular seksual, dokter biasanya menyarankan penderita mengonsumsi obat antivirus atau antibiotik sesuai akar penyakitnya.

Cara merawat mata belekan

Terdapat perawatan sederhana yang bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Hindari menyentuh atau menggosok-gosok mata belekan
  • Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah merawat atau mengobati mata belekan
  • Bersihkan bagian mata belekan dua kali sehari dengan kapas yang sudah dibasahi sedikit air bersih. Setelah itu, buang kapas dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Hindari berbagi riasan, lensa kontak, handuk, atau cangkir minum dengan orang sekitar agar penyakit tidak menular
  • Jika mata belekan hanya di satu mata, hati-hati ketika menggunakan obat tetes mata. Jangan sampai cairan mata dari belekan mengalir ke bagian mata yang sehat
  • Setop atau rehat dulu menggunakan lensa kontak selama mata belekan belum sembuh

Selain mempertimbangkan beberapa cara mengobati mata belekan di atas, jalankan juga perawatan untuk mempercepat penyembuhan penyakit mata ini.

https://health.kompas.com/read/2022/05/11/211500568/5-cara-mengobati-mata-belekan-sesuai-penyebabnya

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke