Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Penyebab Penyakit Bronkitis, Bisa dari Infeksi Kuman sampai Rokok

Untuk diketahui, penyakit bronkitis adalah infeksi saluran udara utama paru-paru (bronkus) yang membuat organ pernapasan ini meradang.

Ketika terjadi infeksi di saluran udara, produksi lendir di saluran napas bakal meningkat signifikan. Akibatnya, penderita bakal mengalami batuk-batuk gejala bronkitis.

Untuk mengenal lebih dekat penyakit yang biasanya menyerang kalangan perokok ini, simak berbagai penyebab penyakit bronkitis berikut.

Penyebab penyakit bronkitis

Ada beberapa faktor penyebab penyakit bronkitis yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Infeksi virus dan bakteri

Dilansir dari NHS, banyak kasus penyakit bronkitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Jenis kuman penyebab masalah kesehatan ini paling sering virus biang flu, salesma, atau infeksi saluran pernapasan atas. Jenis bronkitis ini biasanya menular.

  • Paparan zat yang mengiritasi paru-paru

Dilansir dari MedicalNewsToday, beberapa zat seperti asap rokok, bahan kimia dalam rokok, vape, asap, debu, dan polusi udara bisa mengiritasi paru-paru dan memicu bronkitis.

  • Terpapar bahan kimia yang merusak paru

Paparan zat kimia di tempat kerja atau dari pencemaran lingkungan dalam jangka panjang; seperti serat kain tekstil, amonia, cairan atau gas asam yang kuat, pestisida, sampai klorin bisa menyebabkan penyakit bronkitis kronis.

  • Penyakit asam lambung kronis

Dilansir dari MayoClinic, penyakit asam lambung kronis dapat membuat cairan asam dari lambung naik dan mengiritasi tenggorokan. Iritasi asam lambung ini bisa menyebabkan batuk bronkitis.

  • Faktor genetik

Dikutip dari VerywellHealth, faktor genetik meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit bronkitis. Jenis bronkitis ini biasanya dialami anak-anak. Anak yang memiliki faktor genetika tertentu saluran napasnya sensitif dengan paparan asap rokok, vape, polusi, dll. Sehingga, mudah terkena bronkitis.

Cara mencegah penyakit bronkitis

Penyakit bronkitis bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti:

  • Setop merokok dan sebisa mungkin hindari paparan asap rokok, termasuk vape
  • Dapatkan vaksin flu, pneumonia, Covid-19, dan vaksin lain yang dapat melindungi Anda dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan
  • Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Atau, gunakan hand sanitizer jika sulit mengakses air bersih. Bersihkan tangan terutama sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, dan setelah dari sehabis dari kamar mandi
  • Gunakan masker saat beraktivitas ke luar rumah. Terutama jika berada di kerumunan, tempat tertutup, tempat berdebu, berasap, atau tingkat polusi tinggi

Setelah mengetahui beberapa penyebab penyakit bronkitis di atas, jangan lupa untuk menjalankan langkah-langkah pencegahannya. Dengan begitu, Anda selangkah lebih terlindungi dari penyakit ini.

https://health.kompas.com/read/2022/08/11/180100868/5-penyebab-penyakit-bronkitis-bisa-dari-infeksi-kuman-sampai-rokok

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke