Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Kandungan Nutrisi Chia Seeds untuk Ibu Hamil

KOMPAS.com - Para ibu hamil terkadang merasa sangat khawatir dalam mengonsumsi sesuatu karena nantinya akan sangat berpengaruh pada kesehatan janin.

Salah satu yang perlu diwaspadai adalah konsumsi chia seeds yang ditakutkan akan memberikan efek tertentu ketika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena menurut Medical News Today, konsumsi chia seeds untuk ibu hamil tidak akan memberikan efek tertentu dan malah akan memberikan manfaat kesehatan untuk kehamilan.

Berikut adalah kandungan nutrisi chia seeds yang akan berguna untuk ibu hamil.

1. Omega-3

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Review of Obstetrics & Gynecology di tahun 2010, kebutuhan omega-3 akan semakin meningkat selama masa kehamilan untuk membantu perkembangan janin.

Di dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa anak dari ibu yang mengonsumsi omega-3 dengan jumlah yang disarankan saat kehamilan mengalami perkembangan saraf yang baik.

Hal ini ditunjukkan dari perkembangan secara umum, kemampuan anak dalam memecahkan masalah, serta kemampuan bahasa yang lebih baik.

Omega-3 ternyata tidak hanya didapatkan dari ikan saja, namun juga bisa didapatkan dari konsumsi chia seeds.

Chia seeds sendiri memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi sehingga konsumsinya akan sangat berguna untuk ibu hamil.

 

2. Kalsium

Melansir Mayo Clinic, ibu hamil dan janin yang dikandung memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi.

Tidak hanya itu saja, konsumsi kalsium pada ibu hamil juga akan mendukung fungsi jantung, yang mencakup peredaran darah, otot, serta sistem saraf.

Mayo Clinic juga mencatat bahwa ibu hamil membutuhkan asupan kalsium setidaknya 1.000 mg per hari dan remaja yang hamil memerlukan 1.300 mg per hari.

Menurut data dari US Department of Agriculture, 2 sendok makan chia seeds mengandung 179 mg kalsium atau setidaknya 18 persen dari kebutuhan kalsium harian yang diperlukan oleh ibu hamil.

Meskipun asupan kalsium bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan atau minuman, menambahkan chia seeds dalam menu harian ibu hamil akan membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium.

 

3. Antioksidan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Inggris pada Jurnal Antioxidants and Redox Signaling di tahun 2000, salah satu penyebab keguguran pada ibu hamil adalah adanya stres oksidatif pada tubuh.

Stres oksidatif ini merupakan keadaan di mana ada ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh.

Meskipun radikal bebas memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, jumlah yang terlalu banyak juga akan berbahaya.

Kabar baiknya adalah chia seeds memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat berguna untuk menyeimbangkan kadar radikal bebas di dalam tubuh selama kehamilan.

Dengan begitu, risiko keguguran pada ibu hamil bisa berkurang karena konsumsi chia seeds.

https://health.kompas.com/read/2022/09/04/103200868/3-kandungan-nutrisi-chia-seeds-untuk-ibu-hamil

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke