Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Phelps Pecahkan Rekor Dunia Lagi

Kompas.com - 12/08/2008, 15:14 WIB

BEIJING, SELASA - Michael Phelps benar-benar menjadi pemain yang meraih sembilan emas dalam kiprahnya di Olimpiade. Setelah meraih enam emas di Olimpiade Athena 2004, Selasa (12/8), perenang Amerika Serikat itu kembali meraih gelar tertinggi di nomor 200 m gaya bebas putra. Ia bahkan memecahkan rekor dunia.

Tampilnya Phelps sebagai manusia tercepat di arena renang National Aquatics Center, Beijing, memang sudah diprediksi sebelumnya. Perenang berusia 23 tahun itu selalu unggul dalam empat lap pertama. Phelps bahkan jauh memimpin di depan dan menyelesaikan lomba dengan waktu 1 menit 42,96 detik, jauh di atas rekor lama atas namanya sendiri, 1 menit 43,86 detik.

Perenang yang berhasil finis di tempat kedua adalah Park Taehwan dari Korea Selatan dengan selisih waktu 1,89 detik di belakang Phelps. Juara ketiga diraih oleh rekan senegara Phelps, Peter Vanderkaay yang finis 2,18 detik di belakang kompatriotnya itu.

Ini adalah emas ketiga Phelps di Olimpiade kali ini. Di hari pertama final renang, Phelps meraih emas dan memecahkan rekor dunia di nomor 400 m gaya ganti perseorangan putra. Setelah itu, ia dan tiga rekannya memecahkan rekor dunia lagi di nomor estafet 4x100 m gaya bebas putra.

Phelps masih mungkin menyumbang emas lagi karena ia akan kembali turun di 200 m gaya kupu-kupu dan estafet 4x200 m gaya bebas, Rabu (13/8).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com