Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritme Jogging yang Benar

Kompas.com - 09/12/2008, 07:16 WIB

Bagi yang tidak sempat nge-gym, jogging bisa jadi pilihan yang asyik dan menyehatkan. Biar hasilnya optimal, jogging perlu dilakukan dengan benar. Buat yang tak biasa melakukan latihan fisik, sebelum mulai sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Selanjutnya, ikuti langkah ini:

Awali dengan berlari-lari di tempat selama 10 menit. Kemudian jogging dengan perlahan dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot. Lalu, perlahan-lahan tambahkan kecepatan. Kalau sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan. Pada seratus meter terakhir, lambatkan gerakan lari Anda.

Bila Anda cedera saat berolahraga, ingat saja prinsip RICE (rest, ice, compress, elevate). Maksudnya, istirahatkan bagian yang terkena cedera, tempelkan es untuk menghindari pembengkakan dan peradangan. Kemudian, kompres bagian yang cedera. Jangan dipijat dan tinggikan bagian yang kena cedera (kalau berdarah) lebih tinggi dari letak jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com