Ibu Hamil Sehat, Bayi Sehat

Kompas.com - 19/07/2009, 14:55 WIB
Editor

Narasumber Dr Samsuridjal Djauzi

Saya karyawati (30), sudah tiga tahun menikah dan saya gembira karena bulan lalu saya dinyatakan hamil.

Semasa remaja saya bertubuh gemuk. Menjelang tamat sekolah saya berhasil menurunkan berat badan, bahkan menjadi kurus. Kebiasaan makan dan olahraga saya pertahankan sampai saya dinyatakan hamil. Sekarang saya mengurangi olahraga dan berusaha makan banyak, tetapi masih mengalami mual-mual.

Saya kerja seperti biasa dan meski cukup sibuk, kegiatan saya tidak berkurang. Hanya karena makanan yang masuk kurang, sering kali lemas pada malam hari. Hemoglobin saya 11 g, tinggi badan 165 cm, dan berat badan 54 kg. Tentu saya mendambakan anak yang sehat. Saya berusaha mencapai hal tersebut meskipun harus mengubah kebiasaan. Saya tidak mengutamakan lagi bentuk tubuh, begitu pula pekerjaan. Bagi saya sekarang, apa yang harus saya kerjakan agar janin saya tumbuh baik.

Saya juga baru saja membaca kematian ibu di Indonesia termasuk tertinggi di ASEAN. Apa penyebab kematian ibu begitu tinggi, apakah karena keterampilan dokter kebidanan kita belum dapat diandalkan? Cukup banyak selebriti melahirkan di luar negeri, apakah karena dokter di luar negeri lebih terampil? Semasa mahasiswa saya aktif dalam kegiatan mahasiswa dan peduli pada masalah sosial di masyarakat. Sebagai calon ibu, saya juga prihatin angka kematian ibu kita masih tinggi. Apa yang dapat saya lakukan untuk ikut menyelamatkan ibu hamil di Indonesia?

Saya menduga salah satu faktor penyebaban tingginya kematian ibu adalah kurangnya kesempatan ibu hamil mendapat pertolongan tenaga medis yang berkemampuan karena faktor biaya. Apakah mungkin ibu hamil di Indonesia (yang kurang mampu) memperoleh layanan gratis pemeriksaan berkala semasa hamil dan juga dibebaskan biaya persalinannya? Saya percaya jumlah puskesmas mencukupi untuk melayani ibu hamil.

Bagaimana gizi yang baik untuk ibu hamil, makanan apa yang sebaiknya saya konsumsi. Apakah saya juga perlu mengonsumsi vitamin tertentu. Terima kasih atas penjelasan dokter.

O di J

Pertama saya ingin mengucapkan selamat atas kehamilan Anda. Mudah-mudahan Anda sekeluarga memperoleh anak yang sehat, cerdas, berguna untuk nusa, bangsa, dan agama.

Proses kehamilan penting untuk pemeliharaan kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Umumnya kehamilan mengingatkan perempuan untuk meningkatkan pemeliharaan kesehatan seperti juga yang akan Anda lakukan. Anda beruntung mampu melakukannya dan di kota besar tersedia fasilitas asuhan semasa kehamilan dan melahirkan dengan lengkap.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.