Nutrisi Pembasmi Stres

Kompas.com - 10/11/2009, 09:45 WIB
Editor

KOMPAS.com - Pertahankan ketenangan diri dan otak Anda dengan nutrisi-nutrisi berikut untuk memastikan Anda tidak terjebak stres akut. Berikut adalah nutrisi-nutrisi yang disajikan oleh Elizabeth Somer, RD, pengarang Eat Your Way to Happiness untuk melawan stres.

Jeruk, lemon, dan buah sitrus lainnya
Kandungan vitamin C dalam jeruk dan buah sitrus lainnya mampu membantu menurunkan hormon stres. Jika Anda mengkonsumsi vitamin C alami secara teratur, Anda akan merasa lebih tenang dan mampu menghadapi situasi sulit.

Kacang-kacangan
Segenggam kacang-kacangan akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan lebih puas karena indeks glikemiknya rendah. Kadar indeks glikemik tinggi bisa menaikkan kadar gula darah (penyebab perubahan mood tiba-tiba). Vitamin E, arginine (amino acid), dan magnesium adalah zat-zat yang dalam kacang-kacangan yang dipercaya bisa membantu mengatasi efek stres.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau yang memiliki kandungan asam folat, seperti kale dan bayam bisa meredakan depresi, sekaligus meningkatkan aliran darah ke otak. Jika Anda tidak mengkonsumsi setidaknya satu porsi salah satu menu tersebut per harinya, bisa jadi Anda kekurangan asam folat. Jika Anda tak selalu bisa mengkonsumsi sayuran berdaun hijau tersebut, cobalah untuk mengkonsumsi multivitamin yang mengandung asam folat.

Salmon
DHA (asam lemak omega-3) umumya terdapat pada ikan, seperti salmon, makerel, dan sardin. Zat ini dipercaya mampu mengurangi risiko depresi dan kepikunan. Saking eratnya kaitan stres dengan asupan asam lemak omega-3, American Psychiatric Association menyarankan seseorang yang sedang menjalani terapi yang mengkonsumsi obat antidepresan juga menambahkan asupan omega 3.

Ceri yang dikeringkan
Potasium, magnesium, dan vitamin adalah kandungan yang ada di dalam ceri yang  dikeringkan. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa menghalang respon stres tubuh. Ceri yang dikeringkan juga menjaga otak tetap sehat, karena dipercaya kaya akan antioksidan (termasuk vitamin C), yang bisa mencegah kerusakan pada sel-sel otak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.