Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membatasi Makan Bisa Timbulkan Komplikasi

Kompas.com - 09/02/2010, 13:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Membatasi makanan yang masuk dalam tubuh bisa membuat tubuh kekurangan zat-zat yang dibutuhkan. Padahal, zat-zat tersebut dibutuhkan tubuh untuk bertahan. Dalam beberapa kasus, anoreksia dan bulimia bahkan bisa menyebabkan kematian. Biasanya, penderitanya meninggal karena terjadi komplikasi.

Suhanto Kasmali, dokter dari Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Timur, mengatakan, minimnya makanan yang masuk bisa mengganggu metabolisme tubuh, mulai dari metabolisme karbohidrat, protein, hingga lemak. Komplikasi bisa terjadi karena kurangnya vitamin dan mineral sehingga terjadi gangguan fungsi jantung, tiroid, gagal ginjal, dan kematian.

Gangguan yang pertama umumnya terjadi di bagian pencernaan. Organ pencernaan kehilangan bahan baku untuk diolah. Gangguan yang dapat terjadi antara lain pelambatan pengosongan lambung, kembung, susah buang air besar (sembelit), serta nyeri abdomen.

Dalam jangka panjang, penderita anoreksia dan bulimia bisa mengalami turunnya fungsi organ-organ vital, seperti jantung dan otak. "Penyebabnya, mereka kekurangan haemoglobin atau zat darah merah," kata Suhanto.  Padahal, haemoglobin memiliki tugas yang sangat penting, yaitu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan mineral dan zat elektrolit yang penting bagi tubuh juga bisa membawa efek fatal. Zat elektrolit seperti kalsium dan kalium berperan dalam merangsang detak jantung. Akibatnya, irama jantung bisa tidak teratur dan mengganggu keseimbangan distribusi dalam tubuh. Dalam beberapa kasus, banyak ditemukan penderita anoreksia atau bulimia meninggal mendadak karena irama jantung yang tidak normal. Selain itu, kekurangan zat elektrolit juga bisa menyebabkan gangguan saraf dan mengalami kejang-kejang.

Penderita anoreksia dan bulimia juga lebih mudah terserang infeksi karena kekurangan zat albumin dalam tubuh. Albumin berperan dalam pembekuan darah supaya luka cepat menutup diri dari infeksi.

Gangguan hormonal juga bisa terjadi. Perubahan hormon reproduksi dan tiroid bisa menyebabkan gangguan siklus menstruasi pada wanita, intoleran terhadap dingin, infertilitas atau penurunan daya tahan tubuh, penyusutan tulang (osteoporosis), dan gangguan pertumbuhan.

Penderita bulimia juga bisa mengalami komplikasi rongga mulut dan kerongkongan karena terlalu sering terpapar asam lambung yang keluar saat muntah. Penggunaan obat pencahar juga membuat penderita mengalami diare akut dan tak bisa buang air besar tanpa obat.

Untuk membantu penyembuhan, diperlukan terapi, yaitu psikologi, nutrisi, dan terapi obat. "Dukungan dan penerimaan dari lingkungan menjadi sangat penting untuk mereka," kata Sarlito Sarwono, psikolog.

Selain itu, penderitanya juga harus mencari ahli gizi untuk mendapatkan ukuran yang tepat mengenai diet. Terapi nutrisi bisa dilakukan lewat penjelasan proses makan yang benar, yaitu boleh berhenti makan jika merasa cukup, bukan merasa kenyang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com