Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Binus Tolak Pernikahan Sejenis

Kompas.com - 05/05/2010, 09:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Orangtua Jane Deviyanti Hadipuspito (23), Bernard Gunawan Hadipuspito-Maria Grace, melaporkan Alterina Hofan (32) ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pemalsuan identitas, karena menentang pernikahan sejenis dan untuk mencegah menzalimi oang lain.

Penegasan Bernard itu dikemukakan melalui pengacaranya, Dewi Susianti, saat ditemui Warta Kota, di Jakarta, Selasa (4/5/2010) malam.

Dewi mengatakan, kliennya melaporkan Alter atas dasar moralitas, etika, dan nama baik keluarga. "Keluarga Pak Bernard tidak ingin menzalimi orang lain. Namun, yang dilakukan Alter, bagi keluarga Pak Bernard adalah dosa besar," ungkap Dewi.

Menurut Dewi, keluarga sangat tahu bahwa Alter adalah perempuan. "Orangtua mana pun tak mau anak perempuannya menikah dengan perempuan," katanya.

Dewi menjelaskan, keluarga Jane adalah orang yang cukup religius. Karena itu, mereka menentang pernikahan sesama jenis. "Kalau keluarga membiarkan, keluarga juga berdosa. Keluarga cuma mau membantu Jane keluar dari dosa," ujarnya.

Menurut Dewi, Alter dikenal orangtua Jane sebagai perempuan. "Alter adalah teman mama Jane, Maria," ucapnya.

Menurut Dewi, perkenalan Alter dengan Maria Jane bermula dari lapangan golf. Alter adalah teman seklub golf Maria Grace sejak 2004. Mereka tergabung dalam Chemical Golf Club di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Saat itu AH (Alterina Hofan) masih berpenampilan fisik sebagai wanita dan mempunyai loker di ruangan yang sama dengan Ibu Maria," ucap Dewi  dalam penjelasan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Alter, kata Dewi, adalah alumnus Jurusan Psikologi Universitas Indonesia (UI) angkatan 1996. "Saat kuliah di UI, AH juga masih berpenampilan fisik wanita," ujarnya.

Alter semakin dekat dengan orangtua Jane yang menjadi pimpinan Universitas Bina Nusantara (Binus) tersebut sejak pasangan ini pindah rumah dari Green Garden, Jakarta Barat, ke Jalan Paku Buwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Alter sendiri menetap di  Kelurahan Pondok Pinang, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com